Hunian Praktis Ala Indekosan - Jadi Solusi Dekat dari Tempat Kegiatan

Kemajuan teknologi dan mobilitas padat memang mengajak kita untuk menggunakan waktu seefektif mungkin. Waktu memang menjadi sangat penting, karena itu ketepatan waktu mungkin menjadi nilai yang sangat mahal.

NERACA

Salah satunya adalah hunian, siapa yang sadar bahwa hunian mengambil andil yang cukup besar dalam mobilitas kita. Memilih lokasi yang tepat mungkin akan mempermudah mobilitas kita, terutama lokasinya, lokasi yang sangat strategis membuat rutinitas kita makin mudah.

Namun mencari hunian yang strategis atau dekat dengan perkotaan memang sangat sulit, selain harganya yang selangit, hunian di dekat kota juga menjadi barang rebutan banyak orang. Namun masih banyak pilihannya, salah satunya mengontrak, tapi hal ini juga terlihat sedikit membuang-buang uang saat ternyata rumah yang kita sewa hanya kita tinggali sendirian, dan sisa ruangan-ruangan yang tak terpakai juga ternyata sangat banyak, melihat ini tak ada salahnya kalau kita lebih baik memilih indekos atau kost-kostan biasa disebut.

Memang tidak berbeda jauh antara indekosan dengan kontrakan, kalau kontrakan lebih berukuran besar dan memiliki ruangan yang cukup banyak, bila indekosan lebih kekamarnya saja, jadi biasanya hanya terdapat satu  sampai dua ruangan saja, berbentuk seperti kamar saja. Indekosan memang lebih akrab dengan dunia perkuliahan, anak kuliahan yang memiliki rumah saat jauh dari kampus biasanya indekosan untuk menghemat waktu, selain menghemat waktu, dengan indekos juga menghemat tenaga juga uang. Tentunya memilih indekos yang dekat dengan kampus, jadi tidak perlu mengeluarkan ongkos lagi untuk transportasi ke kampus.

Tapi indekos tidak hanya akrab di dunia anak kuliahan saja, para pekerja atau karyawan perkantoran di Jakarta juga banyak yang lebih memilih indekos. Biasanya bagi karyawan-karyawan yang masih single atau belum menikah. Harganya pun bermacam-macam, dari yang sangat murah sekitar Rp 200.000 per bulannya sampai Rp 1juta per bulannya. Semuanya tergantung pada lokasi, juga fasilitas yang ada. Ada yang fasilitasnya lengkap seperti AC, kompor gas, kamar mandi di dalam, kasur, lemari dan sebagainya, namun ada juga yang hanya disediakan tikar saja dan kamar mandi ada di luar kamar, biasanya tipe indekos yang murah memang tidak menyediakan kamar mandi sendiri, kamar mandi disediakan tapi untuk bersama-sama.

Menganggarkan untuk indekos memang mungkin saja bisa  jadi menghemat namun bisa juga menjadi pemborosan yang luar biasa, semuanya memang harus diperhitungkan lebih matang dan perencanaan yang tepat. Jangan hanya memikirkan lokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kerja namun pengeluaran kita menjadi melonjak tajam, tentunya ini menjadi pemborosan yang seharusnya tidak terjadi.

Bila memang cukup dengan fasilitas yang biasa saja, kita tidak perlu memaksakan untuk memilih indekos dengan fasilitas yang lebih banyak, dengan begitu kita dapat menghemat pengeluaran kita.

Memilih tempat indekos tidak begitu mudah namun tidak begitu sulit juga. Banyak yang harus diperhatikan, tidak hanya lokasi yang strategis saja, kebersihan dan kesehatannya juga harus diperhatikan. Jangan hanya ingin bermobilitas dengan cepat tetapi kesehatan dan kebersihannya tidak diperhatikan. Alhasil kita terserang penyakit dan sakit, bukan kecepatan dan keefektifan waktu yang kita dapat malah kerugianlah kita dapat.

Selain kesehatan dan kebersihan, keamanan pun tidak kalah pentingnya.

Sebagian tempat indekos memang terkadang memisahkan antara wanita dan pria, namun ada pula yang memberikan kebebasan dan tidak memberikan patokan gender, artinya indekosan tidak mengkhususkan kepada wanita saja atau kepada pria saja.

Sebagian tempat indekos juga menyiapkan kantin atau sekadar warung makan, jadi kita tidak usah repot-repot memasak lagi.

Selain itu untuk pakaian terkadang di sekitar indekos juga banyak jasa laundry pakaian kiloan dengan harga yang cukup murah. Jadi kita tidak perlu repot-repot mencuci baju, kita tinggal menerima beres dan sudah tersetrika dengan rapi.

Keamanan menjadi nilai penting yang harus diperhatikan saat memilih tempat indekos yang akan kita tempati. Bayangkan saja bila saat kita pulang ke tempat kost, kita temui seisi kamar kita hilang dicuri orang, bukankah ini sangat menyedihkan? Jadi memang ada baiknya memilih tempat indekos yang memang sudah terjamin keamanannya. Setidaknya belum pernah ada kasus pencurian, bila masih ragu pilihlah tempat indekos yang memiliki keamanan seperti satpam atau security. Pilihannya memang cukup banyak, tinggal pilih saja mau yang murah atau yang berfasilitas lengkap.

Budaya indekos ternyata tidak hanya ada di masyarakat umum saja, sebagian artis pun lebih memilih indekos.

Selain karena rutinitasnya yang cukup padat, hal ini juga membuat nyaman sebagian artis karena keprivasian diri menjadi sangat terjaga. Sebut saja Sammy Simorangkir mantan vokalis band Kerispatih, Anji mantan vokalis Drive, Vicky Nitinegoro dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya karena rumah yang berada di luar kota tempat bekerja saja, tapi memang kebanyakan pengguna memilih indekos untuk mempermudah mobilitas dan mendapatkan dan menjaga privasi.

Menjamurnya tempat indekos biasanya berada di dekat wilayah kampus atau perkantoran, tetapi memang awamnya berada di dekat kampus. Pilihannya pun banyak sekali, dari mulai fasilitas yang minim hingga kamar lengkap dengan kulkas, AC, televisi, kasur, lemari, kompor gas dan lain-lainnya. Tidak main-main, menyediakan indekos sudah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan sejak lama. Biasanya mencari tempat indekos sekitar kampus lumayan cukup sulit, bukan karena indekos yang tidak cukup banyak, sedangkan orang-orang yang yang mencarinya juga cukup banyak. Untuk sebuah tempat indekos yang strategis saja kita harus mengantre dulu, jadi saat kamar telah kosong, kita baru dihubungi oleh  pemilik indekos tersebut.

Menarik bukan berbisnis indekos? Memang modal yang harus kita keluarkan cukup banyak, tetapi bisnis ini tidak ada surutnya, saat libur tiba saja contohnya, sebagian tempat indekos memberikan paket hanya bayar setengah bila tidak digunakan. Kebanyakan pemakai indekos memang agak sulit pindah-pindah bila merasa sudah sangat nyaman.

Bila libur tiba mau tidak mau kamar harus tetap disewa, hal ini dilakukan agar pengguna kamar tidak kehilangan kamar indekosnya, selain terkadang untuk mencarinya akan susah kembali. Memilih kamar yang nyaman dan sudah sangat menyatu dengan kita memang sangat sulit. Jadi sebaiknya bijaklah dalam memilih atau menentukan tempat, memilih indekos atau tidak.

 

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…