Arsitektur Rumah Khas Timur Tengah

Neraca

Pernahkah anda berangan-angan dan menginginkan sebuah hunian, yang saat kita berada di dalamnya membuat kita terbuai serasa di istana para sultan dan khalifah. Jika jawabannya ya, kenapa tidak anda coba untuk merealisasikannya, merealisasikan sebuah angan-angan menjadi sebuah minpi yang tiada akhir. Mendesain dan memberikan aksen dan karakter arsitektur khas Timur Tengah.

Negara-negara di semenanjung Arab terbukti memiliki daya pikat yang tak ada habisnya untuk ditelisik. Mulai dari eksotisme Maroko dengan Kota Casablanca dan Marrakechnya, Libanon, hingga romantisme Turki. Semuanya dapat memberikan inspirasi untuk menghiasi sudut-sudut tempat tinggal yang nyaman. Kekayaan detail, aneka motif, berbagai ornamen, dan warna yang bervariasi akan membuat tampilan rumah kian terasa unik, eksotis juga ekspresif.

Hal itulah yang menjadikan penataan interior dari budaya padang pasir ini tidak kalah menariknya dibandingkan dengan interior modern. Sebab, tidak hanya penataannya yang berbeda, tapi sense of Timur Tengah juga dapat dirasakan,selain terlihat klasik, rumah khas Timur Tengah ini menyimpan dan memperlihatkan keagungan dan keindahan yang abadi.

Sebenarnya kekuatan hunian bergaya Timur Tengah terletak pada tata eksterior dan interiornya yang dinamis. Sentuhan itu dapat ditemukan dari bentuk-bentuk lengkung atau kubah berornamen pada bagian jendela atau lorong rumah, dan pemilihan desain kolom, hingga material lantai. Semua hal tersebut mampu membuat aksen menjadi unik. Segala instrumen yang ada dalam rumah memang sangat mempengaruhi karakter dari rumah yang akan dibuat, jadi penempatan eksterior dan interior menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Untuk interior, biasanya lebih banyak menggunakan motif dan warna pada kaca patri, sebab itu merupakan salah satu ciri khas dari gaya rumah Timur Tengah, motifnya pun sangat beraneka ragam, dari tulisan kaligrafi-kaligrafi huruf Arab hingga simbol-simbol khas Timur Tengah. Selain memakai banyak motif pada kaca patri, yang menjadi ciri khas lain adalah pemakaian motif pada lantai dan langit-langit. Demikian juga tatanan pilar dengan atap kubah, semakin menguatkan gaya Timur Tengah.

Tidak boleh dilupakan, juga diletakkan permadani Persia yang kaya dengan coraknya. Permadani ini dapat menggunakan kombinasi warna cokelat tua, marun, dan gading. Ia sebenarnya tidak hanya dapat diletakkan sebagai penutup lantai saja, tetapi juga sebagai wall hanging. Permadani atau karpet juga memang menjadi salah satu penguat unsur, aksen atau karakter dari rumah beraksitektur khas Timur Tengah, tak hanya itu, permadani juga konon menjadi dan sudah digunakan dari ribuan tahun silam oleh masyarakat Timur Tengah sebagai alas tidur atau menjalankan ibadah.

Satu lagi yang menjadi ciri khas rumah Timur Tengah adalah ketersediaan kolam dan air mancur. Kehadiran sebuah kolam dengan mozaik keramik kecil-kecil bermotif lengkap dengan nat yang diwarnai menjadi ciri khas lain. Kolam biasanya diletakkan di area ruang tengah, atau area-area umum lainnya. Namun gaya ini tak lengkap tanpa hadirnya sebuah fountain yang biasa diletakkan di area penyambutan. Memang umumnya air mancur diletakkan di depan area rumah, namun ada pula yang meletakkan air mancur juga di dalam area rumahnya, hal ini ditujukan untuk memberikan aksen dan karakter mewah pada rumah khas Timur Tengah.

Motif-motif dan grafir-grafir biasanya dipasang pada bagian lantai dan langit-langit rumah. Motif membuat sebuah ruang terasa lebih hangat dan cerah. Terlebih bila dibantu pencahayaan lampu-lampu hias. Cahaya lampu pun sebaiknya dipilih yang bersinar temaram agar semakin memberi kesan romantis dan eksotis. Memang kesan romantis sangat terlihat saat cahaya matahari mulai berkurang dan digantikan oleh cahaya lampu yang menyinari motif-motif pada kaca patri dan lantai juga langit-langit rumah. Pantulan warna pada kaca patri pun menambah kesan romantis pada arsitektur rumah khas Timur Tengah.

Duduk lesehan. Lampu gantung dan logam kuningan sebagai aksesoris ruangan. Aneka pernak-pernik mungil penghias meja diletakkan untuk menjadi pelengkap ruang. Shisha dan botol-botol dekoratif lainnya serta lilin dan dupa-dupaan sebagai pelengkap lain untuk penyemarak suasana. Bisa tambahkan juga dengan bantal-bantal bercorak yang menarik dan meja pendek saat berkumpul, sehingga suasana akan terasa lebih nyaman. Minimnya furnitur membuat rumah akan terasa lebih luas. Ruang gerak akan lebih banyak dan suasana yang tercipta lebih santai, hangat dan akrab.

Alhasil, ragam warna dan corak yang lebih hidup pada ornamen- ornamen ruang memberi daya tarik tersendiri dan tentunya menjadikan penataan ruang terasa lebih hangat. Gaya ini cocok sekali untuk mereka yang berkepribadian eksentrik. Namun semuanya kembali lagi kepada si pemilik rumah tersebut, kembali lagi ke selera masing-masing, karena kepuasan adalah sesuatu yang sangat subyektif. Begitu pula dengan rumah, rumah adalah cerminan dan gambaran dari kepribadian si pemilik, jadi memilihlah sesuai kesukaan diri, tentunya dengan memperhatikan nilai keindahan juga, dengan begitu kita akan mendapatkan rumah yang sangat baik.

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…