Lakukan Sosialisasi Kebijakan di Daerah - Kemendag Terus Perkuat Perdagangan Domestik

NERACA

Jakarta - Kementerian Perdagangan telah melakukan sosialisasi kebijakan perdagangan ke dunia usaha, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Pemerintah Daerah, khususnya dinas di Kabupaten/Kota yang membidangi sektor perdagangan.

”Sosialisasi kebijakan ini bertujuan untuk membangun visi dan misi yang sama antara pusat dan daerah, terutama dalam hal melakukan pembinaan usaha dan lembaga perdagangan di daerah,” jelas Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi melalui keterangan tertulis yang diterima Neraca, Senin (21/5).

Pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Gumaya, Semarang dihadiri para pelaku usaha dan instansi pemerintah di daerah diberi pemahaman mengenai sistem usaha perdagangan di Indonesia, misalnya terkait proses pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), ketentuan waralaba, dan multi level marketing (MLM).

Kemudian, para peserta sosialisasi juga mendapatkan penjelasan mengenai perdagangan jasa, terutama yang terkait dengan jasa bisnis dan distribusi, serta e-commerce, usaha dagang asing dan keagenan, wajib daftar perusahaan, dan laporan keuangan tahunan perusahaan.

Bayu menekankan perlunya kerja sama yang sinergis antar instansi yang menangani sektor perdagangan di pusat dan daerah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, serta mewujudkan usaha dan lembaga perdagangan yang kuat. “Wadah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pertukaran data dan informasi, hingga pencari solusi untuk permasalahan perdagangan di daerah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bayu berharap agar koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah, serta dunia usaha ini dapat meminimalisasi berbagai hambatan strategis dan teknis dalam melakukan pengembangan usaha, sehingga daya saing perekonomian Indonesia dapat terus meningkat.

Produk Nasional

Sehari sebelumnya bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Bayu mencanangkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Produk Nasional dengan meresmikan Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pameran Pangan Nusa, dengan mengangkat tema Peningkatan Transaksi Domestik Melalui Misi Dagang Lokal, serta Diversifikasi Pangan Nasional. Pameran ini digelar guna membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap produk dalam negeri serta mendukung keragaman produk pangan nusantara.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo, pameran ini diadakan selain untuk memfasilitasi penjualan langsung antara UKM daerah dengan masyarakat setempat, juga untuk mengembangkan potensi sumber daya daerah yang belum diolah secara maksimal. “Pemerintah juga senantiasa memotivasi daerah khususnya kalangan generasi muda agar membangkitkan kecintaan dan kebanggaannya terhadap produk dalam negeri melalui visualisasi peragaan produk-produk unggulan nasional yang berkualitas dunia,” lanjutnya.

Selain itu, Kementerian Perdagangan akan memberikan apresiasi kepada para pelaku UKM Pangan melalui kegiatan UKM Pangan Award yang akan diselenggarakan di Jakarta bersamaan dengan acara puncak Lomba Masak tersebut pada bulan Oktober 2012.

BERITA TERKAIT

Pelaku Transhipment Dari Kapal Asing Ditangkap - CEGAH ILLEGAL FISHING

NERACA Tual – Kapal Pengawas Orca 06 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengamankan Kapal Pengangkut Ikan asal Indonesia yang…

Puluhan Ton Tuna Loin Beku Rutin Di Ekspor ke Vietnam

NERACA Morotai – Karantina Maluku Utara kembali memfasilitasi ekspor tuna loin beku sebanyak 25 ton tujuan Vietnam melalui Satuan Pelayanan…

Libur Lebaran Dorong Industri Parekraf dan UMKM

NERACA Jakarta – Tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang besar terhadap industri…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Pelaku Transhipment Dari Kapal Asing Ditangkap - CEGAH ILLEGAL FISHING

NERACA Tual – Kapal Pengawas Orca 06 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengamankan Kapal Pengangkut Ikan asal Indonesia yang…

Puluhan Ton Tuna Loin Beku Rutin Di Ekspor ke Vietnam

NERACA Morotai – Karantina Maluku Utara kembali memfasilitasi ekspor tuna loin beku sebanyak 25 ton tujuan Vietnam melalui Satuan Pelayanan…

Libur Lebaran Dorong Industri Parekraf dan UMKM

NERACA Jakarta – Tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang besar terhadap industri…