7 Makanan yang Meningkatkan Tekanan Darah

Tekanan darah, baik tinggi maupun rendah menyimpan dampak ke kondisi kesehatan tubuh. Sebagian orang khawatir dengan tekanan darah yang meroket. Sebab tekanan darah tinggi atau hipertensi ini dianggap bisa menjadi silent killer. Sedangkan di sisi lain, tekanan darah yang rendah juga menyimpan risiko bagi kesehatan. Anda pun harus mewaspadai kondisi ini.

Gejala tekanan darah rendah di antaranya tubuh lelah, pusing, penglihatan berkunang-kunang, sulit konsentrasi, napas pendek, keringat dingin, bahkan pingsan. Untuk mencegah situasi jadi lebih buruk, ada beberapa jenis makanan yang disebut mampu membantu menaikkan tekanan darah dengan cepat.

1. Garam

Buat orang yang memiliki hipertensi, disarankan untuk menjauhi garam. Sebaliknya, justru garam bisa menjadi penolong bagi mereka yang cenderung memiliki tekanan darah rendah. Saat merasakan gejala tekanan darah rendah, sebaiknya segera campur garam dan air kemudian lekaslah minum. Sodium bakal menaikkan tekanan darah secara instan.

2. Glukosa

Rasa lemas dan lelah akibat tekanan darah rendah bisa ditolong dengan konsumsi makanan berglukosa. Jika air garam merupakan ide yang menurut Anda kurang menyenangkan, maka permen atau cokelat bisa jadi pilihan.

3. Kismis

Kalau tekanan darah sering drop, ada baiknya membawa kismis ke mana pun Anda pergi. Makanan satu ini praktis dibawa dan awet disimpan dalam waktu lama. Selain bisa langsung dikonsumsi, Anda bisa merendam kismis dalam air selama semalaman, kemudian airnya diminum keesokan harinya. Sebaiknya minum dalam kondisi perut masih kosong.

4. Kopi

Cara lain untuk memompa tekanan darah adalah dengan minum kopi. Untuk sementara kopi bisa meningkatkan tekanan darah dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung. Cukup dua cangkir kopi dan hari Anda akan terselamatkan.

5. Daging

Kekurangan asupan vitamin B12 bisa mengakibatkan anemia sekaligus tekanan darah rendah. Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti telur, sereal dan daging sapi.

6. Air

Tanpa disadari kekurangan cairan bisa mengakibatkan tekanan darah rendah. Dehidrasi meningkatkan volume darah sehingga tekanan darah drop. Mereka yang berolahraga maupun melakukan kegiatan fisik cukup berat perlu menjaga asupan cairan. Air bisa ditambahkan garam atau kismis untuk mempercepat kenaikan tekanan darah.

7. Susu almond

Susu almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Susu ini kaya akan lemak sehat seperti asam lemak omega-3. Susu almond baik dimasukkan dalam menu diet sehat untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Anda juga bisa membuat sendiri susu almond. Rendam 5-6 biji almond semalaman, kupas pada pagi hari dan buat pasta. Didihkan pasta almond dengan air, dan susu almond siap dinikmati selagi hangat.

BERITA TERKAIT

Adu Cepat Kerja Pemerintah dengan Virus Covid-19

Penanganan virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 harus beradu cepat dengan waktu. Ahli kesehatan masyarakat Nadia Nurul mengungkapkan, peningkatan kasus…

Sebaiknya Olahraga di Dalam Ruangan selama Wabah Corona

Melakukan olahraga di tengah anjuran tinggal di rumah selama wabah corona (Covid-19) berlangsung jadi tantangan tersendiri. Padahal, aktivitas olahraga di…

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Di tengah pandemi infeksi virus corona atau COVID-19, saran untuk berjemur di bawah sinar matahari kian terdengar. Wajar saja, berjemur…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Chairman Barito Pacific Group Sumbang Rp30 Miliar - Penanganan COVID-19

Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 senilai Rp 30 miliar, yang diserahkan…

Mengatasi Gangguan Makan karena Stres 'di Rumah Aja'

Stress eating merupakan kondisi ketika seseorang tak berhenti makan karena stres, cemas, atau merasakan emosi lainnya. Stres eating rentan terjadi…

Mengenal Airborne, Airborne Aerosol, dan Bertahan di Udara

WHO menyatakan bahwa cara penyebaran virus corona tidak menular lewat udara alias airborne. Bukti saat ini, virus penyebab Covid-19 ditularkan…