Kerahkan 300 Karyawan, Amar Bank Bangun 20 Rumah Layak Huni

NERACA

Bogor - PT Bank Amar Indonesia Tbk mengerahkan karyawannya untuk terjun langsung ke masyarakat dan membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layak. Setidaknya ada 300 karyawan Bank Amar yang ikut terlibat dalam membangun 20 rumah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa barat.

Direktur Utama Bank Amar Vishal Tulsian ikut ambil bagian dalam membangun pondasi rumah. Sambil memegang cangkul, Vishal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Amar sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan dan implementasi dari keuangan berkelanjutan.

"Kami mengerahkan 300 karyawan Amar Bank dari berbagai macam divisi untuk terlibat langsung dalam membantu sesama," kata Vishal saat ditemui di lokasi acara, Senin (24/2). Dalam kegiatan ini, Bank Amar menggandeng Habitat for Humanity Indonesia untuk merealisasikan rumah yang layak bagi masyarakat. Pasalnya di Desa Bojong Koneng masih banyak rumah yang tidak layak huni padahal lokasinya tidak jauh dari Jakarta.

Menurutnya, Bank Amar yang berfokus pada teknologi memiliki komitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam menjalankan komitmen, pihaknya berusaha untuk mengetahui dan menjawab kebutuhan masyarakat. "Kondisi tempat tinggal dan sanitasi yang buruk serta kurangnya pengetahuan tentang praktik kebersihan umum, adalah masalah paling signifikan yang ditemukan di Desa Babakan Madang. Melalui kegiatan ini, kami berupaya untuk mendukung transformasi desa agar dapat menciptakan lingkungan yang mampu mendukung kegiatan warga setempat dengan membangun rumah yang layak untuk ditempati," jelasnya.

Kegiatan CSR berkelanjutan ini menjadi salah satu komitmen Amar Bank sebagai perusahaan yang bergerak di lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diwujudkan melalui pembangunan rumah layak huni dan juga program keuangan berkelanjutan. Program tersebut sejalan dengan 17 Sustainable Development Goals yang memiliki tujuan untuk mengentaskan berbagai masalah yang ada.

Vishal menjelaskan program pembangunan rumah layak huni ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hunian di daerah Babakan Madang dengan kondisi rumah yang kurang layak, diantaranya lantai yang terbuat dari tanah, dinding bilik, tidak adanya ventilasi, dan tidak ada kamar mandi dalam rumah. Kolaborasi dengan Habitat for Humanity ini diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah yang tidak layak huni dan membantu masyarakat Kecamatan Babakan Madang agar dapat menempati rumah yang lebih kokoh.

Di tempat yang sama, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto menjelaskan secara umum tempat tinggal di Babakan Madang merupakan tempat tinggal dengan kondisi kurang layak huni. “Melalui CSR Amar Bank ini, Habitat berharap masyarakat dapat memiliki tempat tinggal yang layak huni sehingga masyarakat dapat bertumbuh semakin berdaya, sejahtera, dan mandiri.” ungkap Susanto.

Rumah yang layak merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di pedesaan, yang kemudian akan memberikan dampak positif untuk menggapai tujuan lainnya seperti pendidikan dan pendapatan yang lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, Amar Bank melakukan kegiatan CSR berkelanjutan yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

“Kegiatan CSR berkelanjutan yang fokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak di Desa Babakan Madang, sejalan dengan tujuan peminjam nasabah Tunaiku. Sebagai lembaga keuangan, Amar Bank dengan produk Tunaiku menjalani program keuangan yang berkelanjutan untuk mendukung penggunaan pinjaman yang produktif yang mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat. Di mana tujuan pinjaman untuk merenovasi rumah menempati posisi pertama yang mencapai 50% dari total nasabah. Dari situ kami menyadari bahwa rumah yang layak memang merupakan kebutuhan utama," katanya.

BERITA TERKAIT

Bank Mandiri Bayar BP Jamsostek Debitur KUR Senilai Rp5 Miliar

  NERACA Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait penyediaan asuransi perlindungan bagi debitur…

OJK Minta Industri Jasa Keuangan Lakukan Penyesuaian Operasional

  NERACA Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh lembaga di industri jasa keuangan untuk melakukan penyesuaian operasional…

Asuransi Generali Buka Kantor Agen di Jambi

  NERACA Jakarta - PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meresmikan kantor keagenan baru di Kota Jambi dengan nama AG- Jambi All Star yang…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank Mandiri Bayar BP Jamsostek Debitur KUR Senilai Rp5 Miliar

  NERACA Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait penyediaan asuransi perlindungan bagi debitur…

OJK Minta Industri Jasa Keuangan Lakukan Penyesuaian Operasional

  NERACA Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh lembaga di industri jasa keuangan untuk melakukan penyesuaian operasional…

Asuransi Generali Buka Kantor Agen di Jambi

  NERACA Jakarta - PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meresmikan kantor keagenan baru di Kota Jambi dengan nama AG- Jambi All Star yang…