Informasi Pembatalan Penerbangan Terkait Virus Corona

Wabah 2019-nCoV atau virus corona membuat Bandara Internasional Tianhe di Wuhan, Hubei, China, terpaksa ditutup hingga waktu yang tak ditentukan. Wuhan disebut sebagai kota asal munculnya virus mematikan ini.

Selain dari dan ke Wuhan, banyak maskapai penerbangan yang juga menunda penerbangan dari dan ke China. Dikutip dari Lonely Planet pada Rabu (5/2), maskapai British Airways telah menunda penerbangan dari Beijing dan Shanghai hingga 29 Februari 2020.

Maskapai KLM menunda penerbangan atas rute yang sama hingga 9 Februari 2020. Sementara maskapai American Airlines melalukan penundaan paling lama, yakni hingga 27 Maret 2020.

Cathay Pacific, maskapai yang berbasis di Hong Kong, masih tetap melakukan penerbangan meski sejumlah fasilitas yang memerlukan kontak tubuh untuk sementara tak diberikan kepada penumpang, seperti handuk panas, bantal, selimut, majalah, barang duty-free, hingga layanan troli untuk penumpang kelas bisnis.

Senada dengan Cathay, Hong Kong Airlines malah tak memberikan kopi dan teh kepada penumpang demi menghindari pemaparan virus corona. Dikutip dari situs pemesanan tiket Traveloka, penumpang yang memiliki tiket penerbangan menuju Bandara Internasional Tianhe atau bandara lain di China, bisa langsung menghubungi maskapai penerbangan untuk melakukan perubahan jadwal atau pembatalan.

"Jika Anda memiliki tiket penerbangan dari / ke Wuhan: penerbangan Anda dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut. Anda berhak mendapatkan pengembalian uang penuh.

"Jika Anda memiliki tiket penerbangan dari / ke kota-kota China lainnya: penerbangan Anda masih beroperasi, kecuali jika ada pengumuman dari maskapai tentang penerbangan Anda.

"Jika Anda tiba dari Tiongkok: Anda akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut di bandara tujuan karena pihak berwenang ingin memastikan virus tidak akan memasuki negara tersebut. Harap tahan proses ekstra untuk alasan keamanan," tulis Traveloka dalam keterangan resminya.

Per 1 Februari 2020, penerbangan antara Vietnam dan dari/ke China untuk sementara dibatalkan. Begitu juga antara Filipina dan dari/ke China, Hong Kong, Makau.

Informasi lebih lanjut mengenai cara perubahan jadwal atau pembatalan penerbangan bisa diketahui melalui situs ini atau langsung menghubungi maskapai terkait.

BERITA TERKAIT

Kepulauan Riau Pikat Wisatawan lewat Tour de Bintan 2020

Wisatawan tetap bisa mengeksplorasi beragam daya tarik wisata di kawasan Kepri sepanjang penyelenggaraan acara Tour de Bintan pada 27-29 Maret…

Indonesia 'Surga' Wisata yang Sarat Tantangan

Bisa dibilang Indonesia merupakan destinasi yang serba ada, mulai dari gunung sampai pantai bisa dikunjungi. Indonesia juga merupakan "surga" bagi…

Sepi Turis China, Kawasan Wisata Bintan Tutup Sementara

Sejumlah resor dan wahana wisata di kawasan pariwisata terpadu dan eksklusif Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) berhenti beroperasi sementara waktu…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Berburu Ombak di Kepulauan Mentawai

Turis mancanegara berduyun-duyun ke Indonesia, sementara turis Indonesia ramai-ramai ke luar negeri untuk liburan. Anekdot ini bakal sering kita dengar…

Presiden Ingin Pariwisata RI Bisa Bersaing dengan Negara Tetangga

Presiden Joko Widodo menginginkan pariwisata di Indonesia dapat bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Berdasarkan data Travel…

ITDC , IFI Sinema, PFN dan Emotion akan Produksi Film ‘Akad’ - Promosikan Kawasan The Mandalika

"Bila nanti saatnya kan tiba, kuingin kau menjadi istriku. Berjalan bersamamu dalam terik dan hujan, berlarian kesana-kemari dan tertawa. Namun…