Legitimasi Pasar dan Teknologi Listrik Grid

 

Oleh: Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis

 

Berdasarkan Teori Ketidakmungkinan Arrow, efisiensi Pareto berlaku dimana preferensi individu yang mutlak harus dihormati dan jika semua pemilih memilih pilihan A ketimbang pilihan B maka pilihan A akan menang. Itulah yang menentukan teknologi listrik grid di masa depan.  Sistem pembayaran memerlukan legitimasi pasar agar dapat berjalan secara berkelanjutan, namun demikian tanpa adanya dukungan teknologi listrik grid maka oprasional dari sistem pembayaran akan kehilangan legitimasinya karena teknologi listrik tidak dapat dipakai oleh berbagai sumber energi baru.

Sumber energi baru diperlukan untuk menjamin adanya stabilitas pasokan listrik dalam jangka pendek, menengah dan Panjang.  Jaringan listrik (grid listrik) adalah jaringan yang saling berhubungan untuk menyalurkan listrik dari produsen ke konsumen. Terdiri dari stasiun pembangkit yang menghasilkan tenaga listrik, gardu listrik untuk menaikkan tegangan listrik untuk transmisi, atau menurunkan tegangan untuk distribusi, saluran transmisi tegangan tinggi yang membawa daya dari sumber yang jauh ke pusat-permintaan, dan jalur distribusi yang menghubungkan pelanggan individu.

Pembangkit listrik dapat ditempatkan (misalnya) di dekat sumber bahan bakar atau di lokasi bendungan (untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan), dan seringkali terletak jauh dari daerah berpenduduk padat. Tenaga listrik yang dihasilkan dinaikan ke tegangan yang lebih tinggi di mana ia terhubung ke jaringan transmisi tenaga listrik. Jaringan transmisi daya massal akan memindahkan daya jarak jauh, kadang-kadang melintasi batas internasional, hingga mencapai pelanggan grosir (biasanya organisasi yang memiliki jaringan distribusi tenaga listrik lokal).

Setibanya di gardu induk, daya akan diturunkan dari tegangan tingkat transmisi ke tegangan tingkat distribusi. Saat keluar dari gardu, ia memasuki kabel distribusi. Akhirnya, setibanya di lokasi layanan, daya turun lagi dari tegangan distribusi ke tegangan layanan yang diperlukan. Jaringan listrik bervariasi dalam ukuran mulai dari yang mencakup satu bangunan melalui jaringan nasional (yang mencakup seluruh negara) hingga jaringan transnasional (yang dapat melintasi benua). Meskipun jaringan listrik tersebar luas, hingga 2018 diperkirakan 1,3 miliar orang tidak terhubung ke jaringan listrik. Jika mereka tidak terhubung ke dalam jaringan listrik maka mereka teknologi ini akan kehilangan legitimasi pasar dimana sistem pembayaran juga tidak dapat berfungsi karena tidak adanya listrik.

Untuk legitimasi pasar harus diciptakan caranya dengan teknologi grid yang lebih cerdas lagi. Smart grid adalah jaringan listrik yang mencakup berbagai operasi dan ukuran energi termasuk meter cerdas, peralatan pintar, sumber daya energi terbarukan, dan sumber daya hemat energi. Peluncuran teknologi smart grid juga menyiratkan rekayasa ulang mendasar industri layanan listrik, meskipun penggunaan istilah ini difokuskan pada infrastruktur teknis. 

Sejak awal abad ke-21, peluang untuk memanfaatkan peningkatan dalam teknologi komunikasi elektronik untuk mengatasi keterbatasan dan biaya jaringan listrik telah menjadi jelas. Keterbatasan teknologi dalam pengukuran tidak lagi memaksa harga daya puncak dirata-rata dan diteruskan ke semua konsumen secara setara. Secara paralel, kekhawatiran yang berkembang atas kerusakan lingkungan dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil telah menyebabkan keinginan untuk menggunakan sejumlah besar energi terbarukan.

Bentuk dominan seperti tenaga angin dan tenaga surya sangat bervariasi, sehingga kebutuhan akan sistem kontrol yang lebih canggih menjadi jelas, untuk memfasilitasi koneksi sumber ke jaringan yang sebaliknya sangat terkendali.  Daya dari sel fotovoltaik (dan pada tingkat lebih rendah turbin angin) juga, secara signifikan, mempertanyakan keharusan untuk pembangkit listrik besar dan terpusat. Biaya yang turun dengan cepat menunjukkan perubahan besar dari topologi grid terpusat ke yang sangat terdistribusi, dengan daya yang dihasilkan dan dikonsumsi tepat pada batas-batas grid. Akhirnya, kekhawatiran yang meningkat atas serangan teroris di beberapa negara telah menyebabkan seruan untuk jaringan energi yang lebih kuat yang kurang tergantung pada pembangkit listrik terpusat yang dianggap sebagai target serangan potensial.

Beberapa bulan yang lalu Jakarta menjadi gelap karena tidak adanya aliran listrik sehingga hamper semua automatic teller machine lumpuh. Bank-bank tidak dapat beroperasi. Hal ini karena system listrik yang ada tidak terdiversifikasi dan tidak berdasarkan grid yang cerdas. Untuk itu Indonesia perlu melakukan modernisasi sistem transmisi dan distribusi listrik negara untuk mempertahankan infrastruktur listrik yang andal dan aman yang dapat memenuhi pertumbuhan permintaan di masa depan dan untuk mencapai masing-masing hal berikut, yang bersama-sama menjadi ciri Smart Grid: (1) Peningkatan penggunaan informasi digital dan kontrol teknologi untuk meningkatkan keandalan, keamanan, dan efisiensi jaringan listrik. (2) Optimalisasi operasi dan sumber daya grid, dengan keamanan cyber penuh. (3) Penyebaran dan integrasi sumber daya dan pembangkitan terdistribusi, termasuk sumber daya terbarukan. (4) Pengembangan dan penggabungan respon permintaan, sumber daya sisi permintaan, dan sumber daya efisiensi energi. (5) Penyebaran teknologi 'pintar' (real-time, otomatis, teknologi interaktif yang mengoptimalkan operasi fisik peralatan dan perangkat konsumen) untuk pengukuran, komunikasi mengenai operasi dan status jaringan, dan otomatisasi distribusi.

Kemudian (6) Integrasi peralatan dan perangkat konsumen 'pintar'. (7) Penyebaran dan integrasi penyimpanan listrik canggih dan teknologi pencukuran puncak, termasuk plug-in listrik dan kendaraan listrik hibrida, dan mesin penyejuk penyimpanan termal. (8) Penyediaan informasi dan kontrol yang tepat waktu kepada konsumen. (9) Pengembangan standar untuk komunikasi dan interoperabilitas peralatan dan peralatan yang terhubung ke jaringan listrik, termasuk infrastruktur yang melayani jaringan. (10) Identifikasi dan penurunan hambatan yang tidak masuk akal atau tidak perlu untuk adopsi teknologi, praktik, dan layanan smart grid.

Hanya dengan cara ini maka teknologi grid Indonesia akan memiliki legitimasi pasar sehingga tidak mengganggu beroperasinya system pembayaran nasional! Untuk itu sesuai dengan teorema ketidakmungkinan Arrow maka Kemandirian Alternatif yang Tidak Relevan juga harus berlaku dimana jika suatu pilihan dihilangkan, maka urutan yang lain tidak boleh berubah. Implikasinya jika pilihan A (teknologi listrik grid tertentu) menempati urutan di depan pilihan B, pilihan A harus tetap di depan pilihan B, bahkan jika pilihan ketiga, pilihan C, dihapus dari partisipasi.

BERITA TERKAIT

Jaga Persatuan dan Kesatuan, Masyarakat Harus Terima Putusan MK

    Oleh : Ridwan Putra Khalan, Pemerhati Sosial dan Budaya   Seluruh masyarakat harus menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK)…

Cendekiawan Sepakat dan Dukung Putusan MK Pemilu 2024 Sah

    Oleh: David Kiva Prambudi, Sosiolog di PTS   Cendekiawan mendukung penuh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang sengketa…

Dampak Kebijakan konomi Politik di Saat Perang Iran"Israel

  Pengantar Sebuah diskusi webinar membahas kebijakan ekonomi politik di tengah konflik Irang-Israel, yang merupakan kerjasama Indef dan Universitas Paramadina…

BERITA LAINNYA DI Opini

Jaga Persatuan dan Kesatuan, Masyarakat Harus Terima Putusan MK

    Oleh : Ridwan Putra Khalan, Pemerhati Sosial dan Budaya   Seluruh masyarakat harus menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK)…

Cendekiawan Sepakat dan Dukung Putusan MK Pemilu 2024 Sah

    Oleh: David Kiva Prambudi, Sosiolog di PTS   Cendekiawan mendukung penuh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang sengketa…

Dampak Kebijakan konomi Politik di Saat Perang Iran"Israel

  Pengantar Sebuah diskusi webinar membahas kebijakan ekonomi politik di tengah konflik Irang-Israel, yang merupakan kerjasama Indef dan Universitas Paramadina…