MNCN Garap Potensi Pasar Layanan VOD - Gandeng Perusahaan Asal China

NERACA

Jakarta - Kembangkan ekspansi bisnis di industri media digital, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) terus berpatner dengan berbagai perusahaan internasional. Teranyar, perseroan menggandeng perusahaan penyedia konten video asal China, iQIYI guna membuat platform penyedia layanan video on demand (VOD). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Melalui kerjasama tersebut, perseroan membuat perusahaan patungan. Dimana MNCN memiliki saham sebesar 51% dan 49% bakal dipegang iQIYI. Adapun, MNCN akan mengurus pemasaran, penjualan dan dukungan dari sisi regulasi. Sementara itu, iQIYI bakal bertanggung jawab dari sisi teknologi dan pengembangan ke depan.

Kata Direktur Utama MNC Group, Harry Tanoesoedibjo, MNCN memilih iQIYI karena perusahaan tersebut memiliki kemampuan mumpuni dari sisi teknologi yang merupakan bagian dari perusahaan pengembang mesin pencarian Baidu. “Perusahaan patungan itu ditargetkan bisa berjalan pada kuartal IV/2019 dengan membuat konten dan memulai layanan freemium dari layanan video berbasis iklan (advertisement based video on demand/AVOD) dan layanan video berbasis langganan (subscription video on demand/SVOD),”ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kerjasama tersebut bisa mendongkrak kinerja perseroan. Apalagi saat ini, belanja iklan digital bakal terus tumbuh dari 16% menjadi di atas 30% dalam kurun waktu lima tahun. Pertumbuhan tersebut bakal terus terjadi dengan bobot double digit. Di sisi lain, pendapatan masyarakat perkapita pun bakal terus tumbuh dari US$4.000 ke US$6.000 dalam waktu 5 tahun dan akan berada di kisaran US$10.000 dalam kurun waktu 10 tahun dengan pertumbuhan jumlah penduduk sebesar 3 juta hingga 4 juta per tahun.

Sejalan dengan itu, dia berujar, konsumsi masyarakat terhadap produk-produk digital SVOD akan terus naik. Guna menangkap peluang tersebut, Hary Tanoe menuturkan kombinasi iQIYI dan MNC akan menciptakan sinergi yang sangat kuat dalam layanan siaran video di Indonesia.“Konsumsi akan tumbuh secara tajam termasuk belanja pada layanan SVOD. Kombinasi iQIYI dan MNCN akan menciptakan sinergi yang kuat dalam layanan video streaming di Indonesia,” katanya.

Mengacu pada Media Partners Asia (MPA), bisnis video daring di Asia diproyeksikan tumbuh berganda dari US$26 miliar pada 2019 menjadi US$52 miliar pada 2024. Indonesia sendiri menawarkan potensi besar untuk layanan AVOD dan SVOD. Sebelumnya, MNCN melakukan penetrasi di media sosial, dengan jumlah subscribers 37,6 juta dan jumlah penonton 13,7 miliar. Bisnis MNCN terus naik melalui ekspansi ke aplikasi seluler di RCTI+.

BERITA TERKAIT

Geliatkan Transaksi Pasar ETF - BEI Berikan Insentif Hapus Biaya Transaksi

NERACA Jakarta – Dorong pertumbuhan pasar exchange traded fund (ETF), PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus berbenah melakukan pembangunan infrastruktur,…

Pertebal Likuiditas - Adhi Karya Rencanakan Rights Issue dan PMN

NERACA Jakarta – Geliatnya pembangunan infrastruktur yang tengah di bangun pemerintah memacu PT Adhi Karya (Perseo) Tbk (ADHI) untuk mengembangkan…

Maybank Indonesia Cetak Laba Rp 1,8 Triliun

NERACA Jakarta – Pendapatan PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) sepanjang tahun 2019 kemarin tumbuh 3,7% menjadi Rp10,8 triliun,…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Sukses Gelar IPEX ke-20 - BTN Raih Potensi Kredit Baru Rp 4,56 Triliun

Bank BTN berhasil menarik  lebih dari 200.000  pengunjung selama sepekan pameran Indonesia Properti Expotdan (IPEX) sukses membukukan nilai ijin prinsip…

Tawarkan Bunga 12% - Sky Energy Indonesia Rilis MTN Rp 300 Miliar

NERACA Jakarta – Perkuat modal guna mendukung ekspansi bisnisnya, PT SKY Energy Indonesia Tbk (JSKY) tengah mencari pendanaan sebesar Rp300…

Catatkan Kinerja Keuangan Anjlok - Bisnis Batubara IMTG Cetak Raport Merah

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2019 kemarin, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) membukukan raport merah untuk kinerja keuangan. Pasalnya,…