PERLAMBATAN EKONOMI SUDAH DI DEPAN MATA? - Asing Prediksi Pertumbuhan RI Hanya 5%

Jakarta-Hasil riset terbaru lembaga internasional Morgan Stanley mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi hanya mampu mencapai 5% yang utamanya disebabkan oleh perang dagang AS-China. Ini berarti target pertumbuhan tahun ini sebesar 5,3% kian jauh panggang dari api. Buktinya, hingga semester I- 2019, realisasi pertumbuhan ekonomi cuma 5,06%.

NERACA

Selain hasil riset asing tersebut, hal senada disampaikan ekonom sekaligus Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2E-LIPI) Agus Eko Nugroho. Menurut dia, Indonesia akan sulit mengejar pertumbuhan ekonomi tahun ini apabila cuma bergantung pada konsumsi rumah tangga.

Begitu pula bila ingin bermimpi mendapat pertumbuhan dari ekspor. Sebab, perlambatan ekonomi dunia tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Walhasil, harga komoditas masih akan tertekan dan tidak bisa memperbesar nilai ekspor yang mayoritas didominasi oleh komoditas mentah.

Sementara, sekalipun ada peluang investasi meningkat, namun pengaruhnya diperkirakan tetap tidak bisa menjadi harapan utama bagi perekonomian di semester II nanti. "Maka, mungkin ada benarnya harus ekspansif menggunakan APBN. Biarkan defisit melebar sedikit sehingga bisa memicu konsumsi dan investasi di tengah lemahnya permintaan global," ujarnya seperti dikutip cnnindonesia.com, kemarin (13/8).

Menurut Agus, APBN memang perlu 'berkorban'. Toh, tingkat inflasi sudah cukup rendah. Meskipun, hal itu tak bisa secara alamiah memicu konsumsi masyarakat. Karenanya, ada upaya ekstra, seperti stimulus dari pemerintah.

Begitu pula dengan investasi. Meski, beberapa pembenahan di perizinan dan kemudahan berusaha sudah dilakukan, namun ia melihat masih perlu beberapa suntikan pelonggaran fiskal demi mengundang aliran dana para investor.

"Ketika pertumbuhan ekonomi sudah ada tendensi penurunan, para pengusaha pun tidak bisa melawan rendahnya permintaan. Maka, mau tidak mau peran pemerintah harus ditingkatkan, salah satunya lewat APBN," tuturnya.

Cara lain, menurut Agus, dengan mengutak-atik kebijakan moneter. Misalnya, kembali menurunkan tingkat bunga acuan Bank Indonesia 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7DRRR). Apalagi, tren kebijakan moneter dari sejumlah bank sentral di dunia sudah mengarah ke pelonggaran.

Dia menilai penurunan tingkat bunga acuan bisa menekan perbankan nasional untuk segera menurunkan tingkat bunga kredit kepada dunia usaha dan masyarakat. Dengan demikian, kedua pihak punya opsi sumber dana baru untuk melakukan ekspansi dan konsumsi.
"Tapi perlu diingat, momen penurunan bunga acuan BI tetap harus memperhitungkan kapan sekiranya tekanan depresiasi terhadap rupiah tengah rendah. Kalau waktunya tepat, maka ruang penurunan bunga acuan BI bisa sampai 50 basis poin sampai akhir tahun," ujarnya.

Perhitungannya, bila celah kebijakan fiskal dan moneter bisa dilakukan, maka setidaknya dapat membuat ekonomi Indonesia berada di rentang 5,0-5,2% pada akhir tahun. Namun, patut dipahami, target laju ekonomi 5,3% memang sudah tidak mungkin digenggam.

Konsumsi Tumbuh

Berdasarkan indikator pengeluaran yang membentuk perekonomian, Konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) tumbuh paling tinggi, yakni 15,27%. Ini disumbang oleh perhelatan pilpres dan pemilu pada April lalu.

Kemudian, pertumbuhan tinggi juga disumbang oleh indikator konsumsi pemerintah sebesar 8,23%. Daya dorong APBN kian besar ke ekonomi berkat program bantuan sosial (bansos) dan kenaikan gaji serta Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran.

Sementara, dua indikator utama yang biasanya menyumbang ekonomi justru tumbuh cukup moderat, yaitu konsumsi rumah tangga 5,17% dan investasi 5,01%. Sedangkan ekspor minus 1,81% dan impor minus 6,73% akibat tekanan perlambatan ekonomi global dan ketidakpastian.

Dari realisasi ini, pemerintah sebetulnya menyadari bahwa perlambatan ekonomi RI memang sudah di depan mata. Meski, pemerintah berdalih hal ini sejalan dengan apa yang dirasa oleh mayoritas negara-negara di dunia.

Hanya saja, untuk mendongkrak laju ekonomi, pemerintah memang butuh upaya ekstra. Sebab, menurut Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof. Dr. Bambang PS Brodjonegoro, Indonesia tidak bisa lagi bergantung pada pertumbuhan indikator konsumsi rumah tangga.

Maklum, tingkat konsumsi masyarakat biasanya cenderung menurun setelah Lebaran usai. Untuk itu, mau tidak mau, pertumbuhan harus bisa diupayakan melalui indikator investasi dan ekspor, meski ketidakpastian masih menyelimuti. "Mau tidak mau, investasi harus didorong lebih besar lagi, karena konsumsi tidak bisa dipacu lebih tinggi lagi," ujarnya, Senin (12/8).

Untuk mendorong ekspor sendiri, pemerintah setidaknya sudah menyiapkan beberapa langkah. Mulai dari pengembangan kawasan industri, pemberian insentif fiskal, tata kelola keniagaan, hingga memperluas negara tujuan ekspor ke negara nontradisional.

Nah, untuk menggeliatkan investasi, pemerintah juga sudah menerbitkan sistem perizinan terintegrasi (online single submission-OSS), tebar insentif fiskal, menerbitkan berbagai skema pembiayaan baru. Tetapi, bila ini semua tak juga memberikan dampak signifikan, memang mau tidak mau konsumsi pemerintah melalui APBN perlu ditambah.

Namun, Bambang menggarisbawahi, dukungan keuangan negara sebaiknya mengalir melalui kebijakan pro investasi. Misalnya, menambah pembangunan infrastruktur dan perluasan insentif pajak guna merangsang investasi swasta.

Senada, ekonom Senior Standard Chartered Bank  Aldian Taloputra bilang celah pertumbuhan ekonomi memang tersisa pada kinerja investasi dan konsumsi pemerintah. Sebab, ekspor sudah tidak bisa diharapkan di tengah tingginya tekanan perlambatan ekonomi dunia.

Meski demikian, tidak ada salahnya tetap mengupayakan berbagai kebijakan untuk mendorong ekspor. Misalnya, menjalin kerja sama perdagangan, diversifikasi produk ekspor, hingga membuka pasar baru.

Begitu pula ketika mengharapkan pertumbuhan ekonomi dari konsumsi rumah tangga. Indonesia, katanya, memang akan selalu bisa mendapatkan topangan dari indikator ini karena populasi penduduk yang tinggi. "Tapi kalau mau tumbuh lebih cepat, bukan indikator ini (konsumsi rumah tangga) yang jadi motor, melainkan investasi dan ekspor," ujarnya. bari/mohar/fba  


BERITA TERKAIT

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…