PNM Suntik Modal, Aset BPRS Haji Miskin Melonjak Signifikan

PNM Suntik Modal, Aset BPRS Haji Miskin Melonjak Signifikan

NERACA

Bukittinggi – Pasca PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menyuntikkan modal dan menjadi pemegamg saham di PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Haji Miskin, kinerja BPRS yang berbasis di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) ini melonjak signifikan.

Tak hanya itu, prestasi BPRS Haji Miskin juga melejit menjadi pemimpin pasar dari tujuh BPRS lainnya di Sumbar, baik dari laba yang dihasilkan maupun banyaknya pembiayaan yang berhasil mereka salurkan.

Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Haji Miskin, Hendri Kamal mengatakan total saham PNM mencapai 51,95 persen. Hal ini membuat PNM bisa menjadi pengendali, sehingga kelangsungan hidup BPRS Haji Miskin semakin jelas dan terarah.

Dia juga mengatakan, sejak didirikan pada tahun 2006 lalu dengan modal pribadi sebesar Rp1 miliar. Pada 2008 menerima modal awal dari PNM, sehingga jalan perusahaan semakin baik. Kini modal inti sudah mencapai Rp7 miliar.

“Pada semester I-2019, aset kami sudah mencapai Rp48 miliar. Kami harapkan akhir 2019 bisa menembus Rp50 miliar atau naik dari akhir tahun 2018 sebesar Rp47 miliar. Dengan demikian, kami menduduki peringkat ketiga dari sisi aset dari tujuh BPRS di Sumbar,” ungkap dia dalam rangkaian acara Journalist Journey PNM 2019, Rabu (17/7).

Sementara laba sebelum pajak per Juni 2019 mencapai Rp953 juta. Besar harapanya pada akhir tahun naik menjadi Rp1,2 miliar dari realisasi akhir 2018 sebesar Rp1 miliar. Sektor yang paling banyak dibiayai adalah perdagangan grosir dengan kontribusi sekitar 27-30 persen. Sementara jasa, dan transportasi (bus pariwisata dan dump truk) berkontribusi sekitar 12 persen. Adapun peternakan sebesar 4 persen, pertanian 4 persen serta sisanya untuk pegawai dan karyawan.

Menurut dia, salah satu kelebihan bergabungnya PNM ialah untuk mampu meneruskan usaha jasa keuangan ini lantaran sokongan dana dari PNM didukung oleh badan hukum tetap.

Di tempat yang sama, Dirut PNM Ventura Syariah, Andi Estetiono mengatakan PNM tak hanya menyertakan modal namun juga melakukan pembinaan dan pelatihan kepada seluruh karyawan dan jajaran pengurus. Hasilnya sangat bagus, dengan makin meningkatnya kinerja karyawan dan jajaran pengurus, sehingga sistem dan manajemen semakin profesional."Kami memberikan pelatihan dan pendampingan. Dan kami juga membenahi sistem supaya lebih bagus," ujar dia.

Selain itu, ia juga menyebut PNM sebagai pemodal BPRS Haji Miskin merasa bangga karena modal yang ditanamkan dapat berkembang pesat."Kinerja BPRS Haji Miskin ini mengagumkan. Dari 7 BPRS di Sumbar, aset Haji Miskin berada di peringkat nomor 3, dan perolehan labanya menduduki peringkat pertama," tukasnya.

Sekedar informasi, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Haji Miskin menargetkan peningkatan aset menjadi Rp50 miliar pada Desember 2019. Angka tersebut meningkat dibandingkan Desember tahun lalu yang mencapai Rp47 miliar.

Sementara laba sebelum pajak per Juni 2019 mencapai Rp953 juta. Besar harapanya pada akhir tahun naik menjadi Rp1,2 miliar dari realisasi akhir 2018 sebesar Rp1 miliar. Sementara per Juni 2019, pihaknya sudah berhasil menyalurkan pembiayaan Rp42 miliar, atau naik dari Juni 2018 sebesar Rp29 miliar. Sementara target pembiayaan hingga akhir 2019 sebesar Rp44 miliar dari realisasi 2018 sebesar Rp35 miliar. Mohar

BERITA TERKAIT

KPK Tekankan Papua Barat Segera Tuntaskan Masalah Aset

KPK Tekankan Papua Barat Segera Tuntaskan Masalah Aset   NERACA Manokwari - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menekankan Pemerintah Provinsi Papua Barat…

Aliran Modal Asing Topang Kondisi Neraca Transaksi Berjalan

  NERACA   Jakarta - Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan menilai bahwa aliran modal asing…

Takut Masuk Pasar Modal - Reksa Dana Pilihan Tepat Bagi Pemula

NERACA Jakarta – Beragamnya produk investasi di pasar modal hingga kemudahan serta modal awal investasi yang tidak terlalu besar, tentunya…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Milad Seabad, TK ABA Gelar Berbagai Kegiatan

Milad Seabad, TK ABA Gelar Berbagai Kegiatan  NERACA Jakarta - Di usianya yang kini mencapai Satu Abad (1919 – 2019),…

BRG Libatkan Tokoh Agama Edukasi Petani Sumsel

BRG Libatkan Tokoh Agama Edukasi Petani Sumsel   NERACA Palembang - Badan Restorasi Gambut (BRG) melibatkan tokoh agama Islam untuk mengedukasi…

Diskominfo Kota Sukabumi Giatkan Program DBHCHT

Diskominfo Kota Sukabumi Giatkan Program DBHCHT   NERACA Sukabumi - Bersama dengan tiga Dinas lainya, yakni Diskopdagrin, Dinas Kesehatan, dan Disnakertrans.…