Pemkab Lebak Fokus Bangun Destinasi Wisata untuk Dorong Ekonomi

Pemkab Lebak Fokus Bangun Destinasi Wisata untuk Dorong Ekonomi

NERACA

Lebak, Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Provinsi Banten, fokusmembangun destinasi wisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan.

"Pembangunan destinasi wisata lokal memberikan daya ungkit tinggi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim, dan Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak Sunaeni di Lebak, dikutip dari Antara, kemarin.

Kebijakan Bupati Iti Octavia dalam lima tahun ke depan memfokuskan pembangunan destinasi wisata berbasis lokal, namun bisa menembus nasional hingga mancanegara. Pembangunan destinasi wisata tersebut tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. Pembangunan destinasi wisata berbasis lokal itu dilakukan secara bertahap akibat keterbatasan anggaran.

Untuk tahap pertama dan tahap kedua menggalang kesadaran masyarakat untuk mendukung sektor pariwisata dan pembangunan infrastuktur. Destinasi wisata harus didukung sarana dan prasarana infrastuktur yang memadai, seperti jalan, jembatan, pusat perdagangan hingga kemudahan transportasi."Kita yakin destinasi wisata mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga dapat mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera," kata dia.

Menurut dia, selama ini, Kabupaten Lebak memiliki 25 destinasi wisata yang menarik dan dapat mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara. Dari 25 destinasi wisata itu, di antaranya terdapat wisata budaya masyarakat Badui dan Pantai Sawarna yang mendunia.

Keunggulan destinasi wisata masyarakat Badui karena kultur budaya mereka hingga kini masih dipertahankan sebagai adat leluhur yang harus dilestarikan dan menolak kehidupan modern. Kemungkinan wisata budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Pulau Jawa.

Objek wisata budaya tersebut banyak dikunjungi para peneliti dari berbagai perguruan tinggi nasional maupun mancanegara. Sedangkan, wisata Pantai Sawarna sangat cocok untuk bermain selancar karena karakteristik ombaknya cukup besar karena secara langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Pantai Sawarna banyak dikunjungi wisatawan asing sambil bermain selancar juga menikmati panorama alam pesisir selatan pantai Kabupaten Lebak."Kami terus mengembangkan destinasi objek wisata berbasis lokal agar menembus nasional dan mendunia," kata dia.

Ia juga mengatakan, potensi kekayaan destinasi wisata alam lainnya, di antaranya wisata alam karena terdapat kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun (TNGHS). Selain itu, juga banyak daerah aliran sungai (DAS) dan bisa digunakan permainan arum jeram.

Begitu juga terdapat peninggalan purba, seperti situs gua serta aneka jenis makanan tradisional yang dikembangkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM)."Kami terus mempromosikan destinasi wisata guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan, dampak destinasi wisata itu dipastikan akan melahirkan sentra-sentra usaha kerajinan masyarakat sehingga memberikan nilai tambah kesejahteraan kehidupan mereka. Saat ini, pelaku usaha masyarakat yang berkembang adalah industri kecil, seperti tas, dompet, sandal dan tas.

Disamping itu juga aneka makanan kuliner dan makanan kering hingga gula aren."Kami membina para pelaku usaha agar meningkatkan kualitas," kata dia. Ant

BERITA TERKAIT

Siapkan Dana Investasi US$ 100 Juta - Saratoga Bangun Rumah Sakit di Bekasi

NERACA Jakarta –Genjot pertumbuhan portofolio investasi, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) terus mengembangkan investasinya. Salah satunya yang tengah dikembangkan…

Dua Tantangan Perpajakan Di Era Ekonomi Digital

    NERACA   Jakarta - Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengungkapkan terdapat dua tantangan utama yang harus dihadapi Direktorat…

Indonesia Perlu Pertajam Strategi Diplomasi Ekonomi

  NERACA Jakarta - Kepala Departemen Ekonomi dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Yose Rizal Damuri, meyakini strategi…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

PNM Diusulkan Dapat Suntikan Modal Rp2 Triliun dari PMN - RAPBN 2020

PNM Diusulkan Dapat Suntikan Modal Rp2 Triliun dari PMN RAPBN 2020 NERACA Bukittinggi – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)…

Kemenkop Gelar Bimtek Mitigasi Risiko Bencana Bagi KUMKM

Kemenkop Gelar Bimtek Mitigasi Risiko Bencana Bagi KUMKM NERACA Palangkaraya - Kementerian Koperasi dan UKM memandang pentingnya KUMKM mengetahui secara…

Omzet UKM Binaan PNM Tembus Rp95 Juta/bulan

Omzet UKM Binaan PNM Tembus Rp95 Juta/bulan NERACA Payakumbuh, Sumbar - Sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM) binaan PT Permodalan…