Ragam Atraksi Wisata di Jalur Tol Medan-Binjai

Menyambut lebaran tahun ini para pemudik yang melintas di Sumatera Utara, dipastikan sudah bisa merasakan tersambungnya akses jalan baru yang memangkas waktu. Salah satunya adalah jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).

Jalan Tol MKTT adalah jalan tol yang menghubungkan Medan, Tebing Tinggi serta Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jalur sepanjang 61,8 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera, dan terhubung dengan Jalan Tol Belmera sepanjang 34 kilometer.

Animo masyarakat menjajal tol baru itu semakin besar, apalagi jalan Tol Trans Sumatera di Sumut diklaim menawarkan mudik lancar. Mengutip Antara, Senin (20/5), tak hanya jalan tol Belmera dan MKTT saja yang siap beroperasi di Sumatera Utara namun ada juga jalan tol Medan-Binjai.

Jalan tol Medan-Binjai siap dilalui dengan total keseluruhan sepanjang 13,2 km yang terdiri atas 2,7 km jalur fungsional di seksi 1 dari Helvetia sampai Marelan, dan 10,5 km jalur operasional pada seksi 2 Semayang ke Helvetia serta Seksi 3 Binjai ke Semayang. Jalan tol Medan-Binjai secara resmi sudah membuka ruas gerbang tol seksi 1 Marelan-Helvetia yang diharapkan mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang.

Jalur fungsional baru ini dapat menjadi alternatif pemudik baik dari Medan-Aceh maupun sebaliknya serta menyambung ruas tol yang telah beroperasi sebelumnya. Jalan Tol Medan-Binjai digadang-gadang membuat program mudik aman dan asyik dengan menawarkan berbagai tempat tujuan wisata dan kuliner yang bisa dinikmati para pemudik yang melintas di wilayah jalan tol Medan, Deliserdang hingga Binjai.

Tempat wisata dan lokasi kuliner khas daerah tahun ini dijadikan daya tarik bagi para pemudik yang melintasi beberapa kota, dengan membantu mendorong perekonomian wilayah kota yang dilalui.

Tujuan lain juga membuat pemudik tidak jenuh melakukan perjalanan mudik melintasi berbagai kota sebelum tiba di kampung halamannya. Hadirnya informasi tujuan wisata di sepanjang jalur mudik juga sebagai langkah mengantisipasi lonjakan para pemudik yang memadati area peristirahat yang terdapat di sepanjang tol.

Dengan adanya destinasi wisata lain akan membuat banyak pemudik tak mengandalkan tempat istirahat yang berada di dalam tol, namun bisa juga beristirahat dengan mengunjungi tempat destinasi wisata yang tersebar di beberapa kota di sepanjang jalur mudik.

Kepala Cabang Jalan Tol Ruas Medan-Binjai Indrajana mengatakan melalui program ini pihaknya dapat memberikan rasa aman dan merasa asyik bagi pemudik saat melintasi jalan tol Medan-Binjai. "Selain petunjuk peta, disini juga ada tujuan wisata maupun tempat kuliner yang bisa dikunjungi saat sebelum masuk dan sesudah keluar tol," katanya.

Sumatera Utara khususnya di daerah sekitar Jalan tol Medan-Binjai memiliki sejumlah daerah wisata dan terkenal dengan kulinernya. Seperti di Binjai ada wisata Arung Jeram di Sungai Bingei dan diTangkahan Kabupaten Langkat.

Sedangkan kuliner di kota Binjai ada Kampung Kuliner, Pondok Surya, Pondok Jati Resto dan Pondok Jati Resto yang menyajikan sejumlah makanan dengan pilihan selera berbeda. Di Deliserdang ada Warung Belut Mbak Sherly dan di Kota Medan ada rumah makan Keraton, Lembur Kuring, Bakso Mataram Pondok Madukoro dan Rumah Makan Srikandi.

BERITA TERKAIT

Pangkas Beban Utang - Waskita Karya Divestasi Bisnis Lima Ruas Tol

NERACA Jakarta – Besarnya beban utang yang ditanggung PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dalam ekspansi bisnis di jalan tol, menjadi…

Hingga Akhir 2019, Sembilan Ruas Jalan Tol Bakal Diresmikan

      NERACA   Jakarta - Sebanyak 9 ruas jalan tol dengan panjang keseluruhan sekitar 406,14 Km secara bertahap…

ATRAKSI PEDAGANG PASAR TERAPUNG DI SUNGAI MARTAPURA

Pedagang pasar terapung melakukan atraksi jukung membentuk bunga mekar di sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (12/8/2019). Atraksi yang dibuat…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Siap-siap Napak Tilas Gunung Krakatau Bulan Ini

Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun lalu, Provinsi Lampung kembali akan menggelar acara tahunan Lampung Krakatau Festival 2019 di Kota Bandar…

Lampion Terakhir di Dieng

Ajang tahunan Dieng Culture Festival (DCF) telah memasuki tahun kesepuluh. Sejak pertama kali digulirkan 10 tahun yang lalu, ajang ini…

Pilihan Wisata di Lampung selain Krakatau

Dari Jakarta, Lampung bisa ditempuh dengan penerbangan selama 45 menit atau perjalanan darat selama sekitar delapan jam sudah termasuk dengan…