Varian All New Honda Brio Mulai Diekspor ke Pasar Filipina

PT Honda Prospect Motor mulai mengirimkan All New Honda Brio dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, untuk diekspor ke Filipina. Selain ke Filipina, HPM juga berencana mengekspor Honda Brio ke Vietnam pada 2019. Completely Built Up (CBU) Honda Freed telah diekspor ke sejumlah negara ASEAN.

"Honda Brio adalah model spesial karena dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang spesifik di Indonesia dan Asia," kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Takehiro Watanabe sebagaimana disalin dari laman Antara. "Setelah mendapat sambutan luar biasa di pasar domestik, kami yakin All New Honda Brio yang diproduksi di Indonesia juga akan sukses di negara lain di kawasan," katanya.

Sebelum Honda Brio, HPM telah mengekspor mobil Completely Built Up (CBU) Honda Freed ke beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam sejak 2009 hingga 2014.

HPM juga mengekspor komponen mobil sejak 1992 ke berbagai negara seperti Jepang, Thailand, Malaysia, dan negara lainnya. Model ekspor All New Honda Brio diproduksi di pabrik HPM Karawang, Jawa Barat. Seremonial produksi pertama telah dilakukan di pabrik HPM Karawang pada Maret 2019 yang dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Chief Officer Operasi Regional (Asia & Oseania) Honda Motor Co., Ltd., dan Presiden & CEO Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Pada 2013, HPM mengenalkan Honda Brio Satya yang mendukung program LCGC. Model Brio Satya sangat diterima para pelanggan di Indonesia dengan lebih dari 280 ribu unit penjualan dan 32 penghargaan bergengsi sampai sekarang.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut menghadiri seremoni PT HPM Export Production Line Off dan Peringatan Ultah ke-20 PT HPM di Pabrik Honda Prospect Motor Karawang, Jawa Barat.

"Ekspor perdana All New Brio pada 2019 direncanakan ke Filipina dan Vietnam dengan nilai ekspor mencapai Rp1 triliun dengan tingkat komponen dalam negeri mencapai 89 persen," kata Menteri Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga menjelaskan PT HPM sejak 2013 telah melakukan ekspor mobil CKD (tidak dalam bentuk utuh/harus dirakit) untuk 11 model kendaraan bermotor roda empat merek Honda ke 12 negara tujuan ekspor di Asia dan Amerika.

Sampai 2018, nilai ekspor PT HPM mencapai Rp12 triliun dan ditargetkan mencapai Rp25,5 triliun pada 2021. Total produksi akumulasi dari HPM hingga kini mencapai 1,3 juta unit kendaraan.

Investasi PT HPM di Indonesia pada 2019 telah mencapai Rp4,2 triliun. Saat ini perusahaan telah memiliki dua pabrik yang mampu meningkatkan mencapai 200.000 unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sekitar 6.900 orang.

Selain dalam bentuk CKD, PT HPM juga melakukan ekspor kendaraan bermotor dalam bentuk CBU (diekspor dalam keadaan utuh) yaitu Honda Freed yang diprodujsu di Pabrik Karawang tahun 2011-2014 ke Thailand dan Malaysia. Dukungan Kemenperin ini merupakan upaya terciptanya penambahan investasi baru maupun perluasan untuk merealisasikan target produksi 1,5 juta unit kendaraan pada 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Operating Officer for Regional Operations (Asia and Oceania) Honda Motor, Masayuki Igarashi, mengatakan Indonesia telah menjadi pasar yang penting untuk bisnis Honda dan menjadi kontributor utama dalam penjualan di wilayah Asia dan Oseania. "Untuk mewujudkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia, kami telah meningkatkan investasi melalui pengembangan berbagai fasilitas," kata Masayuki.

BERITA TERKAIT

Realisasi Kontrak Capai 48,19% - Waskita Beton Genjot Ekspansi Pasar Eksternal

NERACA Jakarta - Pada Juli 2019, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mendapatkan kontrak baru yang berasal dari pasar eksternal…

Produk UMKM di Tengah Pasar Global

Oleh : Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) selama ini dikenal dalam tahan banting terhadap…

Bank Global Mulai Pangkas Jumlah Karyawan

  NERACA Jakarta – Berkembangnya era teknologi informasi turut memberikan perubahan di seluruh lini sektor, tak terkecuali di industri perbankan.…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Sampai Akhir 2019, Ferrari akan RIlis Tiga Model Baru

Pimpinan Ferrari, Louis Camilleri, mengonfirmasi bahwa masih ada tiga model baru yang akan diluncurkan hingga akhir tahun ini, sebagai bagian…

Diluncurkan, Range Rover Evoque Generasi Kedua

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai agen pemegang merek Jaguar Land Rover (JLR) nd Rover di Indonesia paIndonesia meluncurkan generasi…

Jelang HUT RI, AHM Rilis Scoopy Merah Putih

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda Scoopy dengan balutan warna baru merah putih untuk varian stylish, jelang peringatan HUT…