Laba Bersih Campina Ice Tumbuh 42,68%

NERACA

Jakarta – Sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp61,95 miliar atau meningkat 42,68% dibandingkan dengan laba bersih tahun sebelumnya sebesar Rp43,42 miliar. Padahal, pada 2017, laba bersih tercatat turun 17,66% secara tahunan.Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam laporan keuangan yang dirilis di Jakarta, kemarin.

Selain itu, emiten produsen es krim ini juga membukukan penjualan bersih sebesar Rp961,14 miliar atau naik 1,73% dibandingkan dengan penjulan bersih pada tahun sebelumnya sebesar Rp944,84 miliar."Kenaikan laba bersih disebabkan oleh upaya promosi dari tim marketing yang terus ditingkatkan. Namun demikian, faktor terbesar yang menyebabkan kenaikan laba bersih setelah pajak adalah berkuranganya beban keuangan,"kata Corporate Secretary Campina Ice Cream Industry, Sagita Melati.

Disampaikannya, kenaikan laba bersih yang meningkat signifikan seiring dengan berkurangnya beban keuangan pascampembayaran utang menyusul suksesnya IPO yang telah dilaksanakan pada akhir tahun 2017.Pada 2018, beban keuangan perseroan tercatat Rp10,20 miliar. Beban keuangan pada tahun lalu turun 78,17% dari beban keuangan pada 2017 sebesar Rp46,73 miliar.

Tahun ini, lanjutnya, perseroan optimistis dapat mempertahankan kinerja positif. Optimisme ini seiring dengan peluncuran produk baru pada 2019 di antaranya Hula-Hula Jagung, Sundae White Coffe, dan Gold Ribbon.Asal tahu saja, tahun ini perseroan memasang target pertumbuhan penjualan sebesar 7% atau menjadi Rp 1,03 triliun.

Guna memacu penjualan, perseroan akan meluncurkan produk karakter baru yang bekerja sama dengan Walt Disneyisney dan tetap melakukan peremajaan terhadap produk-produk yang telah ada.Selain itu, optimistis perseroan dapat membukukan pertumbuhan penjualan lebih baik dari tahun lalu juga seiring dengan langkah perusahaan memperbarui distributor di sejumlah titik seperti Sumatra dan Sulawesi.

Kata Sagita, perseroan akan kembali meluncurkan produk-produk baru lainnya, tetapi belum dapat disampaikan waktunya. CAMP juga akan memperluas jaringan pemasaran ke kota-kota lain di pelosok Indonesia.Direktur Campina Ice Cream Industri, Adji Andjono menambahkan, penjualan yang tumbuh pada tahun lalu seiring dengan peluncuran beberapa produk baru. Pada perdagangan Kamis (11/4) pukul 13.11, saham CAMP melemah 2,31% ke level Rp635 atau turun 15 poin. Secara year to date, saham CAMP telah menguat 83,53%.

BERITA TERKAIT

Sesuaikan Hasil Kajian RBB - Bank BTN Optimis Bisnis Tetap Tumbuh

Tahun 2019, menjadi tahun yang penuh tantangan karena pertumbuhan ekonomi dunia dan  domestik diperkirakan melambat akibat berkepanjangannya perang dagang antara…

Bank Mandiri Catatkan Perolehan Laba Rp 13,5 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan perolehan laba konsolidasi tumbuh 11,1% mencapai Rp13,5 triliun, kualitas kredit…

Penjualan Arwana Citamulia Tumbuh 13,35%

NERACA Jakarta –Paruh pertama 2019, PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA). berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan dan laba bersih dua digit. Berdasarkan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Sesuaikan Hasil Kajian RBB - Bank BTN Optimis Bisnis Tetap Tumbuh

Tahun 2019, menjadi tahun yang penuh tantangan karena pertumbuhan ekonomi dunia dan  domestik diperkirakan melambat akibat berkepanjangannya perang dagang antara…

Torehkan Kinerja Sangat Baik - BTN Meraih Penghargaan CSA Award 2019

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) meraih penghargaan CSA Award 2019. Penghargaan emiten dengan kinerja terbaik tersebut, hasil kerja…

Berikan Pendampingan Analis Investasi - CSA Research Gandeng Kerjasama Modalsaham

NERACA Jakarta – Genjot pertumbuhan investor pasar modal, khususnya generasi milenial dan juga mendukung inovasi sektor keuangan digital, Certified Security…