Nissan Tuntas Jual Divisi Baterai Kendaraan Listrik

Nissan Motor Co, Ltd tuntas menjual anak usahanya yang selama ini memproduksi baterai kendaraan listrik, dan transaksinya diselesaikan belum lama ini. Nissan tetap bermitra dengan bekas perusahaannya yang dijual ke Envision Group itu sebagai pemasok penting untuk Nissan, kata Chief Competitive Officer Nissan Yasuhiro Yamauchi dalam pernyataannya, disalin dari laman Antara.

"Perusahaan baru memiliki peluang untuk tumbuh sebagai perusahaan baterai dengan peningkatan daya saing di bawah Envision. Nissan akan terus bekerja dengan perusahaan baru sebagai pemasok penting karena kami berkonsentrasi energi untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik yang terkemuka di pasar,” jelasnya.

Perusahaan baterai baru di bawah Envision Group itu mulai beroperasi 1 April kemarin. Penyelesaian transaksi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian definitif dengan Envision, perusahaan operator energi berkelanjutan. Kesepakatan itu sekaligus membatalkan rencana transaksi sebelumnya dengan pihak lain.

Akuisisi itu mencakup Nissan Automotive Energy Supply Corporation dan operasi pembuatan baterai di Smyrna, Tennessee, yang dimiliki oleh Nissan North America Inc. (NNA), dan di Sunderland, Inggris, yang dimiliki oleh Nissan Motor Manufacturing (UK) Ltd (NMUK).

Envision juga mengakuisisi operasi pengembangan dan produksi baterai Nissan Jepang yang berlokasi di Oppama, Atsugi dan Zama. Tanpa menyebut nilai transaksinya, Nissan sepakat mempertahankan hanya 25 persen saham di perusahaan baterai yang diakusisi oleh Envision tersebut.

Bukan hanya Tesla, produsen mobil yang menempuh cara berjualan secara online, Nissan pun memulai hal sama dengan meluncurkan Nissan City Hub yang menyajikan pengalaman pelanggan baik online maupun offline.

Meskipun baru di Velizy 2, Paris, Prancis, penjualan online mobil Nissan ini disebut akan menjadi strategi komersial global Nissan. Pabrikan Jepang ini bakal membuka fasilitas serupa di kota-kota besar di dunia.

"Nissan City Hub akan menempatkan orang di jantung visi kami untuk ritel mendatang, semua saat mereka akan berbelanja normal," kata Leon Dorssers, wakil presiden Nissan Motor Co, Ltd, untuk penjualan dan ritel global.

"Pembukaan hari ini menandai langkah maju baru dalam strategi komersial global kami, menggunakan e-commerce dan teknologi mobilitas baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan baik online maupun offline," katanya dalam pernyataan resmi Nissan.

Nissan City Hub adalah pendekatan baru yang revolusioner, mengintegrasikan ekosistem digital dengan konsep toko yang menarik. Untuk membeli Nissan LEAF atau Qashqai, konsumen hanya perlu beberapa klik saja. Solusi e-commerce baru yang ditawarkan kepada konsumen di Nissan City Hub telah dikembangkan untuk memastikan kemudahan penggunaan.

BERITA TERKAIT

PLN Siap Topang Kebutuhan Listrik Industri

    NERACA   Jakarta - Listrik merupakan infrastruktur penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, mendorong investasi, dan pemerataan industri, yang…

Volume Parkir Kendaraan Ekspor di IPCC Naik

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mencatat selama Mei 2019 jumlah kendaraan utuh atau completely build up (CBU) yang berada…

Siapkan Capex Rp 3 Triliun - IMAS Perkuat Bisnis Sewa Kendaraan dan Logistik

NERACA Jakarta – Genjot pertumbuhan bisnis sewa kendaraan dan logistik, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) akan perbanyak armada truk…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

VW dan Ford Akan Bermitra Kembangkan Mobil Swakemudi

Volkswagen dan Ford selangkah lagi akan mencapai kesepakatan untuk bermitra dalam mengembangkan kendaraan swakemudi (self-driving) dan listrik, kata  Kepala Eksekutif,…

Kia Berencana untuk Tutup Satu Pabriknya di Tiongkok

Kia Motors Corp, produsen mobil terbesar kedua Korea Selatan, mengumumkan pada Jumat bahwa perusahaan akan menutup satu dari tiga pabriknya…

Mobil listrik Geely Bakal Gunakan Baterai dari LG

Produsen baterai Korea Selatan, LG Chem Ltd, mengumumkan telah meneken perjanjian dengan manufaktur otomotif China, Geely Automobile, guna membuat baterai…