Agar UMKM Manfaatkan Medsos untuk Media Promosi

NERACA

Jakarta – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya yang berada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, didorong untuk memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk yang dihasilkan guna mendongkrak penjualan.

Salah satu pembicara dalam Klinik Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Adi Saranceno mengatakan bahwa, hingga saat ini belum banyak pelaku UMKM yang bisa memanfaatkan secara optimal teknologi informasi sebagai media promosi produk.

"Para pelaku UMKM itu pada awalnya akan bingung pada saat menggunakan media sosial untuk berjualan. Mau jualan ke siapa, dan target pasarnya siapa?" kata Adi, dalam Klinik Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, disalin dari Antara.

Dalam menggunakan platform media sosial seperti Instagram, lanjut Adi, data terkait target pasar dalam dunia digital terbuka lebar. Hanya dengan menggunakan beberapa kata kunci tertentu, maka akan terlihat jelas target pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

Namun, menurut Adi, hal utama yang harus dipersiapkan oleh pelaku UMKM sebelum menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan, adalah produk yang ditawarkan harus benar-benar spesifik. Dengan produk yang diperuntukkan kalangan tertentu, maka akan lebih mudah dalam melakukan promosi dan penjualan. "Artinya, kita bisa mencari pasar di media sosial selama kita tahu produk tersebut untuk siapa," ujar Adi.

Menurut Adi, pelaku UMKM yang ada membutuhkan pendampingan yang berkelanjutan supaya memiliki keyakinan bahwa dengan menggunakan media sosial tersebut, bisa mendorong penjualan. Pendampingan itu membutuhkan waktu kurang lebih berkisar antara enam bulan hingga satu tahun.

Para pelaku UMKM, kebanyakan merasa sulit untuk beralih dari platform konvensional dan beralih ke digital. Hal tersebut disebabkan sudut pandang pelaku UMKM, penggunaan media sosial tersebut belum terbukti ampuh untuk mendorong penjualan produk yang dihasilkan. "Untuk masuk ke dunia digital masih sulit bagi pelaku UMKM. Mereka tidak percaya bahwa dengan menggunakan media sosial tersebut bisa menghasilkan uang," ujar Adi.

Sebagai catatan, jumlah usaha mikro Kota Malang sebanyak 99.213 usaha, dengan rincian di Kecamatan Kedungkandang sebanyak 21.045, Kecamatan Sukun 20.251, Kecamatan Klojen 17.034, Kecamatan Blimbing 19.414 dan sebanyak 21.469 usaha berada di Kecamatan Lowokwaru.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, di tengah bergulirnya era industri 4.0 dan ekonomi digital, pasar online kini menjadi suatu basis penting dalam memajukan industri dalam negeri sekaligus sebagai unjuk taji produk dalam negeri kepada masyarakat luas khususnya untuk pasar dunia.

“Terkait dengan pasar online ini, Kemenperin melalui Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) memiliki program e-Smart IKM, yaitu sistem basis data IKM yang tersaji dalam bentuk profil industri, produk, dan sentra yang diintegrasikan dengan marketplace yang sudah ada,” paparnya, disalin dari siaran resmi.

Program e-Smart IKM telah menjalin kerja sama dengan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli, Blanja.com, Ralali, dan Gojek Indonesia. “Melalui program e-Smart IKM, sektor IKM kita diharapkan tidak akan ketinggalan dalam tren transaksi online di dalam situs jual beli, dan akan semakin banyak produk-produk IKM yang kompetitif,” imbuhnya.

Kemenperin mencatat, hingga akhir tahun 2018, Workshop e-Smart IKM telah diikuti sebanyak 5.945 pelaku usaha dengan total omzet sebesar Rp2,37 miliar. Berdasarkan sektornya, industri makanan dan minuman mendominasi hingga 31,87% dari total transaksi di e-Smart IKM, kemudian disusul sektor industri logam sebesar 29,10%, dan industri fesyen sebesar 25,87%.

Hingga tahun 2019, ditargetkan bisa mencapai total 10.000 peserta untuk ikut dalam program e-Smart IKM. ”Sudah ada beberapa cerita sukses dari para pelaku usaha yang mengikuti e-Smart IKM, misalnya IKM suku cadang kendaraan, omzetnya mampu naik hingga mencapai Rp100 juta dalam kurun waktu tiga bulan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT

Perda No.2 /2018 Memberatkan Pengelola Pusat Belanja

NERACA Jakarta - Berebapa pengelola pusat belanja mengaku merasa keberatan dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) No. 2 Tahun 2018 tentang…

Menggenjot Ekspor, Kemendag Akan Pimpin Misi Dagang ke Taiwan

NERACA Jakarta - Usai sukses dengan misi dagang ke beberapa negara tujuan ekspor sebelumnya, Kementerian Perdagangan kembali akan melakukan misi…

Transaksi Niaga Elektronik Memperkuat Akselerasi Peningkatan Ekspor Indonesia

NERACA Jakarta – Kemneterian Perdagangan (Kemendag) optimistis bahwa melalui trnasaksi niaga elektronik dapat memperkuat akselerasi peningkatan ekspor Indonesia, untuk itu…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

KKP Menggenjot Devisa melalui Ekspor Benih Lobster

NERACA Jakarta – Demi menggenjot devisa negara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana melakukan ekspor benih lobster. Menteri Kelautan dan…

2019, Rapor Peternak Unggas Merah

NERACA Jakarta - Tahun 2019 merupakan tahun tersulit bagi usaha budidaya ayam broiler. Tercatat selama tahun 2019 peternak rakyat mandiri…

Peringati Harkannas Ke-6, KKP Gelar Indonesia Seafood Expo

NERACA Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-6 tahun 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat…