Jimly Asshiddiqie Terima Anugerah TPA 2019 Kategori Tokoh Literasi Legislasi

Jimly Asshiddiqie Terima Anugerah TPA 2019 Kategori Tokoh Literasi Legislasi

NERACA

Jakarta - Portal berita TeropongSenayan.com, menggelar Anugerah Teropong Parlemen Award (TPA) 2019, Kamis (7/3). Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie dinobatkan sebagai Tokoh Literasi Legislasi di acara penghargaan tersebut.

Jimly yang juga Ketua ICMI ini menjadi nama yang paling dominan menurut indikator keaktifan literasi legislasi yang digunakan, mengungguli Sutan Adil Hendra dan Bambang Soesatyo."Terima kasih atas penghargaan ini. Selamat juga untuk semua anggota peraih award. Saya kira, TPA ini bagus untuk ditradisikan," kata Jimly di acara malam Teropong Parlemen Award (TPA) 2019, di Ballroom 3, Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis malam (7/3).

Jimly berharap, acara penganugerahan kepada para politisi ini dapat mendinginkan suasana politik Indonesia yang saat ini sedang menghadapi Pemilu Serentak 2019."Semoga juga, ini (penghargaan) menjadi tradisi yang baik di tengah masyatakat yang saling menjelek-jelekkaan satu sama lain," ujar Jimly.

Selain itu, Jimly juga mengapresiasi atas terselenggaranya TPA 2019. Menurut dia, hal ini merupakan sebuah upaya untuk menghargai kerja keras anggota parlemen masa bakti 2014-2019. Jimly diketahui mendapatkan skor paling tinggi dengan nilai 80,78 dalam menjadi tokoh literasi legislasi yang aktif memberikan Pendidikan tentang perundang-undangan kepada masyarakat.

Untuk diketahui, event TPA 2019 ini merupakan upaya untuk mengapresiasi kinerja anggota dan pimpinan parlemen. Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam event ini. Diantaranya menghargai serta mengepresiasi kinerja anggota dan pimpinan parlemen. Selain itu, event ini juga diharapkan menginspirasi para wakil rakyat bekerja lebih maksimal lagi untuk rakyat.

Penerima TPA 2019 berasal dari lintas fraksi, komisi, dan kelembagaan. Ada penerima award dari DPR, MPR, dan DPD RI.

TPA 2019 sendiri adalah sebuah apresiasi yang diberikan kepada para anggota parlemen yang memiliki kinerja baik dan berprestasi. Tujuannya adalah untuk memacu kinerja anggota parlemen lainnya agar turut menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi kedepannya.

Penganugerahan Kategori Parlemen Aspiratif ini diberikan berdasarkan data dan analisa tim riset TeropongSenayan yang diperkuat oleh penilaian tiga juri dari tiga juri peneliti politik, pengamat dan akademisi. Yaitu, Pengamat Politik Indonesia Publik Institute (IPI), Jerry Massie, Akademisi UIN Jakarta, Adi Prayitno, Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio.

Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Fokus penelitian kualitatif adalah eksplorasi. Hal ini digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang alasan yang mendasari, opini, dan motivasi.

Metode pengumpulan data kualitatif cukup bervariasi, diantaranya menggunakan teknik terstruktur dan semi terstruktur. Sedangkan skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah sebagai berikut, Skala Diferensial Semantik, dimana mereka melaporkan hasil penelitian mengenai bagaimana memberikan makna (meaning) terhadap suatu kata (nama atau objek).

Teknik diferensial semantik ini digunakan untuk mengetahui tiga faktor umum yang mencakup aktivitas, potensi dan evaluasi yang digunakan untuk mengukur sikap seseorang.

Skala Guttman, atau disebut juga analisis skalogram dengan menggunakan serangkaian pernyataan yang terkait dengan suatu topik atau isu tertentu, dan kemudian disusun menurut derajat intensitasnya. Dengan kata lain, skala Guttman disusun berdasarkan fakta bahwa beberapa pernyataan tertentu bersifat lebih ekstrem atau keras dibandingkan pernyataan lainnya.

Analisis Rank/Peringkat Korelasi Rank Spearman, digunakan untuk mencari hubungan atau untuk menguji signifikansi hipotesis asosiatif bila masing-masing. Mohar

BERITA TERKAIT

DPRD Tangerang Terima 14 Raperda Kepentingan Publik

DPRD Tangerang Terima 14 Raperda Kepentingan Publik NERACA Tangerang - DPRD Kabupaten Tangerang, Banten, telah menerima sebanyak 14 Rancangan Peraturan…

Menko Polhukam - Suhu Politik Menjelang Pemilu 2019 Bisa Dikendalikan

Wiranto Menko Polhukam Suhu Politik Menjelang Pemilu 2019 Bisa Dikendalikan  Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko…

Sebanyak 26 Merek Motor-Mobil Disebut Ramaikan IIMS 2019

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 akan kembali digelar pada 25 April hingga 5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran,…

BERITA LAINNYA DI HUKUM BISNIS

Presiden Jokowi Diminta Cek Langsung Permasalahan KCN

Presiden Jokowi Diminta Cek Langsung Permasalahan KCN NERACA Jakarta - Salah satu syarat pertumbuhan ekonomi antara lain adalah mendorong pertumbuhan…

KPPU Nilai "Grab To Work" Bandung Langgar Prinsip Persaingan Usaha

KPPU Nilai "Grab To Work" Bandung Langgar Prinsip Persaingan Usaha NERACA Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai kebijakan…

YLKI : Tekan Tiket Pesawat Turun Semurah Mungkin

YLKI : Tekan Tiket Pesawat Turun Semurah Mungkin NERACA Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ikut bersuara terkait dengan…