86% KPM Manfaatkan Layanan Perbankan

NERACA

Makassar - Sekitar 86 persen Kelompok Penerima Manfaat (KPM) banuan sosial (Bansos) sudah menggunakan jasa perbankan dengan mengaplikasikan program non tunai. Hal tersebut dikemukakan Menteri Sosial(Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita pada pembukaan Rakorwil Bantuan Sosial Pangan dan Bimbingan lanjut Pendampingan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Tahun 2019 di Makassar, Rabu (6/2).

Agus menyatakan, telah terjadi gerakan nasional yang disebut inklusi keuangan setelah bantuan pemerintah diberikan dengan cara non tunai, atau melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sementara berdasarkan data dari Lembaga survey Microsave Indonesia selaku mitra kerja Bill and Melinda Gates Foundation melansir 86 persen KPM baru melakukan afiliasi dengan perbankan setelah memiliki KKS. "Jadi sebelum mempunyai itu, belum sama sekali terakses dengan perbankan," katanya.

Tidak hanya itu, survei tersebut juga merilis ada 84 persen KPM yang puas dengan hadirnya E-Warung lantaran beberapa alasan yang dianggap sangat memudahkan masyarakat. Di antaranya antriannya tidak lagi lama, produk yang bagus dan jaraknya tidak jauh dari rumah. "Walaupun masih ada ruang-ruang yang perlu untuk perbaikan," kata Mensos.

Tidak hanya itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2018, angka kemiskinan yang sebelumnya berada di angka 9,82 kini bisa ditekan kembali menjadi 9,66. "Kami percaya program Bansos yang jumlahnya banyak sekali mampu memberikan kontribusi untuk menurunkan angka kemiskinan," ujarnya.

Menurut dia, program Raskin yang tujuannya mengurangi beban terhadap pembelanjaan pangan masyarakat. Program yang telah hadir untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan pangan sehari-hari. Sementara Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan untuk perbaikan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Di Sulawesi Selatan sendiri terdapat kurang lebih 40.000 penerima PKH dari 24 kabupaten/kota.

BERITA TERKAIT

Tunjukkan Tren Positif di 2018 - Lorena Optimalkan Layanan Angkutan Bandara

NERACA Jakarta – Ketatnya persaingan bisnis layanan jasa moda transportasi publik mendorong PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) untuk…

Libur Lebaran 1440 H - Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3%

NERACA Jakarta - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran tahun ini menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat…

TINJAU STAND LAYANAN KESEHATAN

Direktur Bisnis Konsumer BNI Tambok P Setyawati (kiri) meninjau salah satu stand layanan pemeriksaan kesehatan di sela acara Mudik Bareng…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Masih Miliki Ruang Turunkan Suku Bunga

    NERACA   Jakarta – Bank sentral klaim masih memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Seven…

Libur Lebaran, Transaksi Elektronik Mandiri Syariah Tumbuh

    NERACA   Jakarta - Selama libur lebaran Mei 2019, transaksi kanal elektronik (electronic channel) PT Bank Syariah Mandiri…

BCA akan Merger Bank Royal dengan Anak Usaha Syariah

  NERACA   Jakarta - PT. Bank Central Asia Tbk mengungkapkan akan memerger atau menggabungkan anak usahanya PT. BCA Syariah…