Tarif Tol Trans Jawa Diharapkan Turun 20%

NERACA

Jakarta - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengharapkan tarif Jalan Tol Trans-Jawa dari Jakarta menuju Surabaya untuk truk turun sebesar 20 persen. Wakil Ketua Umum Aptrindo Nofrisel saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (6/2), mengatakan penerapan tarif baru Tol Trans-Jawa ini berdampak signifikan terhadap biaya yang harus ditanggung pengusaha.

Menurut dia, untuk kendaraan golongan V yakni truk dengan lima gandar atau lebih, tarif tol Jakarta-Surabaya yang harus dibayar mencapai sebesar Rp1,382 juta. "Biaya untuk jalur darat itu berkontribusi 39 persen dari total logistik. Kalau bisa menurunkan atau menaikkan tarif yang berimplikasi pada jalur darat, maka pengaruhnya akan besar sekali. Harapan kita tarif ini bisa turun sekitar 20 persen," katanya.

Nofrisel menjelaskan bahwa sebelum tarif Tol Trans-Jawa ini ditetapkan, biaya logistik untuk jalur darat hanya sekitar Rp500 ribu. Apalagi, komponen biaya logistik melalui jalur darat berkontribusi 39 persen dari keseluruhan biaya. Selain itu, jalur darat menjadi biaya logistik termahal kedua setelah menggunakan jasa angkutan udara, sedangkan yang lebih murah dengan kereta api dan kapal laut.

Menurutnya, jika ketersediaan barang berkurang dan pasokan terbatas, maka ongkos logistik jalur darat menjadi sangat mahal. Nofrisel mengungkapkan bahwa sebagian besar truk menggunakan jalur pantura karena selain lebih murah, juga memudahkan untuk pengiriman barang tujuan Solo, Semarang, dan Surabaya. Ia berharap tarif tol bisa ditinjau kembali dan bisa turun sekitar 20 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pun, menurut dia, sudah menampung aspirasi para pelaku usaha. "Beliau menampung, tinggal mengakomodasi. Kami menunggu karena setelah ini ada pertemuan dengan tim kecil dari sistem logistik nasional untk membahas hal itu," kata dia.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto mengatakan penerapan tarif tol ini membuat penyedia jasa logistik terbebani karena kemampuan daya beli pelanggan terbatas, sehingga tidak bisa menaikkan harga secepatnya.

Ia berharap tarif ruas jalan tol yang sudah lama dibangun, seperti Jakarta-Cikampek dan Jagorawi diturunkan hingga 50 persen untuk golongan truk. "Kami tidak bisa menaikkan harga seenaknya, karena harga jasa kepada 'customer' sudah ada yang namanya kontrak logistik. Yang boleh mengubah harga adalah BBM yang naik, atau UMR yang naik," kata Mahendra.

Dalam kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan pemerintah akan mengevaluasi tarif tol trans Jawa. Evaluasi dilakukan seiring dengan keluhan pengusaha logistik beberapa waktu terakhir. Luhut menyebut penetapan tarif Tol Trans Jawa sebenarnya telah melalui proses panjang dan penghitungan matang. Dengan kata lain, tarif yang dibebankan kepada pengguna jalan tol bukan asal-asalan.

"Nanti kami evaluasi, kan membangun itu mereka (operator jalan tol) hitung juga mengenai pendapatan yang didapat dengan investasi sekian. Itu tidak sembarangan," kata Luhut. Ia berpendapat sebaiknya masyarakat tak terlalu cepat menyatakan tarif Tol Trans Jawa terlalu mahal. Menurutnya, masyarakat butuh penyesuaian saja. "Saya belum tahu (mahal atau tidak), saya harus lihat angkanya dulu. Tapi jangan terus langsung dilihat ini mahal," tegas Luhut.

Keberadaan Tol Trans Jawa, kata Luhut, justru menjadi alternatif bagi masyarakat yang terbiasa naik pesawat atau melewati jalur Pantura. Dengan berbagai tarif yang ditawarkan, masyarakat bisa menghitung kebutuhannya sendiri. "Ada pilihan pesawat, jalan Pantura, ada tol, ada kereta api, dulu tidak ada pilihan itu," terang Luhut.

Luhut juga mengaku tak khawatir jika masyarakat justru menghindari perjalanan lewat Tol Trans Jawa dengan lebih memilih jalur Pantura. Menurutnya, masyarakat pasti menghitung biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai tujuan. "Artinya (kebutuhan) dilihat masing-masing. Kalau ingin lebih cepat ya lewat tol," jelas Luhut

BERITA TERKAIT

Arus Mudik, Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Bisa Digunakan

  NERACA   Jakarta – Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan bahwa pihaknya masih terus menuntaskan…

Pemerintah Harusnya Turun Tangan Bikin Bank Syariah

  NERACA   Jakarta – Indonesia yang merupakan penduduk muslim terbesar di dunia mestinya menjadi kiblat ekonomi syariah dunia. Nyatanya…

Peringkat Waskita Karya Turun Jadi Negatif

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings Indonesia memangkas prospek (outlook) peringkat emiten konstruksi PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menjadi negatif dari stabil…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Anehnya Boikot Uni Eropa Terhadap Sawit Indonesia

      NERACA   Jakarta – Industri kelapa sawit Indonesia menjadi penopang terhadap perekonomian. Data dari Direktorat Jenderal Pajak…

Meski Naik, Struktur Utang Indonesia Dinilai Sehat

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) menilai struktur utang luar negeri (ULN) Indonesia yang naik 4,8 miliar…

Pentingnya Inklusivitas Sosial untuk Pertumbuhan Berkualitas

    NERACA   Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyatakan, inklusivitas sosial atau memastikan seluruh warga mendapatkan…