Langkah Lampung Memulihkan Pariwisata Pasca Tsunami

Bencana tsunami Selat Sunda akibat erupsi Gunung Anak Krakatau pada Sabtu (22/12), tak hanya mengakibatkan korban luka-luka maupun jiwa, namun juga telah meluluhlantakkan kawasan pesisir, termasuk objek wisata di Provinsi Lampung.

Tsunami di kawasan pesisir Lampung, terutama di Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus, mengakibatkan sarana dan prasarana objek wisata pantai rusak. Tak hanya itu, terjangan tsunami yang menerjang kawasan pesisir membuat wisatawan enggan berkunjung ke Lampung.

Padahal Lampung memiliki objek wisata bahari yang memukau seperti Pantai Tanjung Setia di Kabupaten Pesisir Barat, Pahawang, Kiluan, Legundi (Pesawaran), dan beberapa objek wisata bahari di sepanjang Teluk Lampung.

Untuk membangkitkan kembali pariwisata, Provinsi Lampung melakukan beberapa langkah strategis untuk memulihkan sektor pariwisata pasca tsunami Selat Sunda. "Langkah untuk memulihkan sektor pariwisata terutama kawasan pesisir di antaranya kampanye pariwisata Lampung," ujar Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (14/1).

Menurutnya salah satu caranya adalah mengampanyekan pariwisata Lampung melalui sosial media, dan penyelenggaraan Lampung Great Sale dengan menerapkan penawaran paket wisata "hot deals" yang bekerja sama dengan hotel atau restoran. Selain itu, ia melanjutkan, kerja sama dengan biro perjalanan wisata dan maskapai penerbangan untuk memberikan harga terbaik dengan tidak menurunkan kualitas pelayanan.

"Kami juga melakukan aksi bersih-bersih pantai, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan pariwisata, media dan 'travel blogger' guna membentuk citra pariwisata Lampung yang nyaman untuk berwisata," ujar Ridho.

Tak hanya itu, menurutnya melakukan recovery amenitas, infrastruktur di daerah terdampak termasuk relaksasi sektor keuangan dan pembiayaan untuk industri pariwisata menata sarana dan prasarana destinasi wisata yang terkena dampak tsunami. Ridho menambahkan untuk menjadikan pesisir Rajabasa, Lampung Selatan menjadi kawasan pariwisata dan zona hijau dibutuhkan dukungan kajian atau rencana induk kawasan wisata dan zona hijau pesisir Rajabasa, yang dilengkapi dengan mitigasi bencana.

Pemerintah Provinsi Lampung pun akan tetap menggelar Festival Krakatau 2019, kendati tsunami Selat Sunda akibat erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) menerjang kawasan pesisir Lampung. "Festival Krakatau merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Lampung. Bahkan sudah masuk kalender pariwisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto.

Ia menyebutkan rangkaian kegiatan seperti Festival Krakatau sebelumnya juga akan tetap digelar, termasuk mengunjungi Gunung Anak Krakatau (GAK). Kunjungan ke GAK akan menjadi daya tarik sendiri, terutama wisatawan, agar mereka bisa melihat secara langsung kondisinya pasca erupsi yang menyebabkan tsunami.

Namun, Pemprov Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu, seperti BMKG dan BKSDA setempat. Budiharto menambahkan wisata di Lampung bukan hanya pantai, banyak wisata lain yang tidak kalah menarik dan banyak dikunjungi wisatawan, seperti Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur dan wisata kuliner khas Lampung.

Sementara itu, dua pekan pascatsunami, sejumlah warga di desa terdampak tsunami di Lampung Selatan mulai berbenah. Warga dari desa lain yang tak terdampak tsunami, pun turut memberikan dukungan dengan membantu melakukan bersih-bersih, seperti yang terlihat di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa.

Warga asal Desa Sukabaru, di antaranya didominasi oleh kaum wanita, terlihat membersihkan perumahan warga yang rusak akibat tsunami.

Abid Yusuf, salah satu warga Desa Sukabaru, Kecamatan Penengahan, bersama warga lainnya, mengaku tergerak membantu warga terdampak tsunami. Hal tersebut karena sejak tsunami melanda, warga terpaksa mengungsi. Saat ini, bahkan 34 jiwa warga Desa Kunjir, bahkan sebagian masih mengungsi di Desa Sukabaru, akibat rumah yang ditempati hancur. “Pembersihan tahap awal telah dilakukan oleh sejumlah instansi. Namun pembersihan di dalam rumah yang rusak ringan masih belum selesai, sehingga kami langsung terjun ke Desa Kunjir,” terang Abid Yusuf.

Abid Yusuf mengungkapkan, sebagian relawan yang merupakan kaum ibu membersihkan rumah warga yang rusak ringan. Sebagian rumah yang rusak ringan tersebut, digunakan sebagai lokasi berteduh sementara, menunggu proses perbaikan.

Bantuan tersebut dilakukan untuk meringankan beban warga yang sebagian harus kehilangan anggota keluarga serta harta benda. Selain membersihkan bagian rumah dengan sapu, sejumlah warga juga membersihkan puing-puing rumah yang hancur. Menurut Abid Yusuf, pembersihan tersebut juga dibantu oleh komunitas Jalan Inovasi Sosial (Janis). Pembersihan rumah-rumah warga Desa Kunjir sebelumnya menggunakan alat berat.

Setelah sejumlah alat berat meninggalkan lokasi, proses pembersihan secara manual dilakukan. Pembersihan areal sekitar rumah warga yang terdampak tsunami juga dilakukan untuk meminimalisir gangguan penyakit pascatsunami.“Segala jenis sampah kami bersihkan, sehingga meskipun puing-puing rumah masih berserakan, lingkungan menjadi bersih,” beber Abid Yusuf.

 

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…

BERITA LAINNYA DI Wisata Indonesia

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…