Cara Memperkuat Sinyal Smartphone

Sinyal menjadi bagian terpenting dalam sebuah ponsel. Tanpa sinyal yang mumpuni, smartphone tak akan berfungsi secara maksimal.

Bagi kamu yang sering menggunakan perangkat smartphone, pasti pernah mengalami situasi dimana sinyal seluler mendadak hilang. Pastinya, aktivitas kamu akan terganggu dan otomatis bikin kesal. Ya, sinyal smartphone yang sewaktu-waktu hilang itu memang tidak dapat dihindari. Faktor penyebab sinyal seluler hilang pun cukup beragam.

Adapun beberapa hal itu terjadi disebabkan karena, posisi kamu sedang diluar cakupan area jaringan, faktor cuaca, perbaikan jaringan oleh operator, kerusakan pada hardware smartphone, dan ada aplikasi atau software yang bermasalah.

Bahkan sinyal lemah atau tidak stabil disebabkan beberapa faktor. Bisa karena terhalang tembok atau gedung, sinyal yang diterima smartphone menjadi minim. Lokasi tak strategis juga menjadi penyebab, sinyal yang diterima ponsel terbatas. Tetapi ada pula kebiasaan kita yang menjadi penghambat sinyal sering lemah. Berikut beberapa tips mudah memperkuat sinyal smartphone anda;

1.Refresh Koneksi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat sinyal di smartphone kamu mendadak hilang-hilangan adalah dengan me-refresh koneksi.

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus me-restart smartphone, yakni dengan mengaktifkan mode pesawat terbang alias airplane mode.

Setelah mode pesawat terbang diaktifkan, kamu bisa mematikan mode tersebut. Hal ini akn menyegarkan koneksi smartphone kamu dan mencari pemancar sinyal yang lokasinya lebih dekat.

2. Pergi ke Ruang Terbuka

Ini adalah cara paling mudah dan sederhana untuk memperkuat sinyal Internet ponsel kita. Sinyal lemah kemungkinan karena tempat atau ruangan kita saat itu tidak mampu menangkap sinyal kiriman. Cara mudahnyanya adalah pergi ke luar ruangan.

3. Atur Jaringan

Sinyal lemah atau hilang bisa jadi karena pengaturan (Setting) jaringan yang tidak tepat, APN belum tercantum, atau tipe jaringan tidak pas. Mengatur jaringan di smartphone berbasis Android sangat mudah. Caranya: Setting -> SIM Cards & Mobile Networks -> (pilih nama provider telekomunikasi Anda).

4. Sesuaikan Jaringan

Beberapa smartphone mungkin sangat sensitif terhadap sinyal dan harus sesuai dengan tipe jaringan yang tersedia di kawasan tempat Anda berada. Sesuaikan ketersediaan jaringan komunikasi (3G atau 4G) di tempat Anda berada. Jangan sampai yang tersedia 3G, Anda malah menggunakan jaringan 4G. Hal itu tentu akan memperlambat koneksi.

5. Trik untuk Wi-fi

Salah satu penyebab sinyal jelek juga karena router wi-fi. Salah satu solusi ialah mematikan-menyalakan-ulang (restart) router tersebut.

6. Trik Airplane Mode

Cara ini bisa dibilang "mengistirahatkan" sinyal Anda. Aktifkan Airplane Mode dan tunggu sekitar 5 detik, kemudian aktifkan kembali mode normal. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk menaikkan sinyal ponsel Anda.

BERITA TERKAIT

Vitamin A juga Memperkuat Imun dan Cegah Jerawat

Vitamin A merupakan salah satu mikronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang larut dalam lemak ini penting untuk kesehatan.…

5 Cara Basmi Bau Mulut Saat Berpuasa

Selama bulan Ramadan, umat Islam musti berkawan dengan haus dan lapar. Kurang lebih 13 jam tubuh tidak memperoleh asupan apapun.…

SMARTPHONE INFINIX TERBARU

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono (kiri) bersama Vice President Infinix Smartphone Indonesia Christian Sudibyo memperlihatkan Smartphone Infinix terbaru…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…