Tingkatkan Produktivitas Nelayan - XL Bantu Teknologi Digital Aplikasi Laut Nusantara

Menghadirkan manfaat teknologi digital untuk pemecahan solusi di masyarakat, terus dikembangkan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Salah satu produk layanan digital yang terus dikembangkan adalah aplikasi untuk nelayan dan belum lama ini, perseroan melanjutkan program sosialisasi aplikasi laut nusantara kepada masyarakat nelayan Indonesia. Di penghujung tahun 2018 ini, sosialisasi dilaksanakan di tiga kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Situbondo.

Pada sosialisasi ini, masyarakat nelayan di masing-masing daerah mendapatkan semacam pelatihan pemanfaatan aplikasi digital laut nusantara untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja. Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region dalam siaran persnya di Malang kemarin mengatakan, setelah beberapa waktu yang lalu diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan,  Susi Pudjiastuti, XL Axiata mengenalkannya kepada masyarakat nelayan di berbagai daerah. “Tujuan kami tidak hanya membuat saja, tetapi bisa benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya akan membantu memperbaiki kualitas hidup mereka. Karena itu, kami juga memiliki program sosialisasi langsung kepada masyatakat nelayan di berbagai daerah, termasuk di Jawa Timur yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten,”ujarnya.

Imam Mualim melanjutkan, pada program sosialisasi ini tim dari XL Axiata mengajarkan langsung penggunaan aplikasi laut nusantara kepada para nelayan. Tidak lupa, kepada mereka juga diberikan pemahaman mengenai manfaat dari pemanfaatan teknologi digital untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan mereka dalam bekerja. Salah satu fitur yang mereka butuhkan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, yang selama ini tidak bisa mereka perkirakan. Teknologi digital yang didukung data satelit mampu memberikan data-data ini.

Pelatihan diikuti oleh sedikitnya 100 orang nelayan di masing-masing kabupaten. Kepada mereka, XL Axiata dan Kementerian Kelautan dan Perikanan berharap pengetahuan dan materi edukasi yang sudah diberikan selanjutnya bisa diteruskan kepada warga nelayan lainnya. Dengan demikian, aplikasi laut nusantara bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas. Bersamaan dengan pelatihan tersebut, XL Axiata juga menyerahkan donasi perangkat smartphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi laut nusantara dan paket data selama 1 bulan.

Sosialisasi aplikasi laut nusantara ini juga melibatkan tim dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Mereka memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan data nelayan yang berhak mendapatkan donasi di dua Kabupaten yaitu Malang dan Trenggalek.

 Didukung Data Lengkap

Asal tahu saja, aplikasi “laut nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Serta sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus. Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.

Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduh aplikasi Laut Nusantara di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data. Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator. Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai. Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut. (bani)

 

BERITA TERKAIT

PLN Bantu Sarana Air Bersih 392 KK di Jeneponto

Mewujudkan akses kebutuhan air bersih menjadi upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka penyakit. Berdasarkan data dari Badan Pusat…

Tekan Emisi Karbon - DBS Vickers Sekuritas Tanam Pohon Trembesi

Gerakan pelestarian lingkungan kini semakin masif digalakkan oleh seluruh sektor industri, tak terkecuali sektor keuangan. Lewat aksi penanaman 100 bibit…

Aksi Restorasi Bumi - Telkom Telah Tanam Lebih dari 140 Ribu Pohon

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan dan juga komitmen mengimplementasikan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, dan Governance),…

BERITA LAINNYA DI CSR

PLN Bantu Sarana Air Bersih 392 KK di Jeneponto

Mewujudkan akses kebutuhan air bersih menjadi upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka penyakit. Berdasarkan data dari Badan Pusat…

Tekan Emisi Karbon - DBS Vickers Sekuritas Tanam Pohon Trembesi

Gerakan pelestarian lingkungan kini semakin masif digalakkan oleh seluruh sektor industri, tak terkecuali sektor keuangan. Lewat aksi penanaman 100 bibit…

Aksi Restorasi Bumi - Telkom Telah Tanam Lebih dari 140 Ribu Pohon

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan dan juga komitmen mengimplementasikan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, dan Governance),…