Keseruan Para Milenial Menjelajahi Danau Toba

Program The Experience yang diikuti para milenial memberikan pengalaman baru dalam mengekplorasi area Toba Samosir (Tobasa). Caranya dengan membuat detail rute unik yang tersebar pada beberapa bagian seperti alam, budaya, hingga wisata sejarah. Program 'The Experience' telah ditutup Sabtu (24/11). Misi ini memetakan beragam potensi yang dimiliki Danau Toba, yang dilaksanakan pada 21-24 November 2018.

Program tersebut melibatkan 15 generasi zaman now yang berasal dari Inspire Travel and Tourism Learning Centre Jakarta. Para milenial ini didampingi oleh empat instruktur pembimbing, ditambah satu observer warna negara Singapura. Terbagi menjadi beberapa tim, mereka menawarkan banyak alternatif destinasi, salah satunya empat milenial yang mengekplorasi 'Wonderful Desa Meat'. Mereka adalah Jihadi Fahrul, Christine Farnanda, Della Amirra, dan Shanny Cahyadi. Desa Wisata Meat berada di Tampahan, Tobasa, Sumatera Utara.

Pembimbing Inspire Travel and Tourism Learning Center Jakarta Krisanti Kurniawan mengakui, potensi Meat cukup besar. "Potensi yang dimiliki Desa Meat ini sangat besar. Alam dan budayanya terbaik. Pokoknya di sana itu sangat eksotis. Desa Meat harus menjadi destinasi utama. Bukan itu saja, kami juga merekomendasikan banyak destinasi terbaik di Kawasan Danau Toba," jelas Krisanti, dalam keterangan tertulis.

Tim yang yang mengeksplorasi 'Wonderful Desa Meat' juga memetakan aksesibilitas menuju Desa Meat. Start utama dihitung dari Jakarta menuju Bandara Silangit dengan beberapa opsi maskapai. Untuk penerbanga langsung ada Garuda, Citilink, Sriwijaya, dan Batik Air. Bandara Silangit juga terhubung dengan Malaysia melalui Malindo Air dan AirAsia. Memakai jalan darat dengan banyak opsi moda, Desa Meat ditempuh 31 menit dari Silangit.

"Aksesibilitas menuju Desa Meat sangat bagus. Pilihannya sangat beragam dengan Bandara Silangit jadi poros utamanya. Bandara ini juga sudah terhubung dengan Malaysia. Jadi, wisman yang transit melalui Malaysia bisa langsung terbang ke Silangit lalu menuju Desa Meat," ujarnya lagi.

Atraksi eksotis memang sudah menunggu di Desa Wisata Meat. Berada di Meat, wisatawan bisa melihat dan mencoba proses pembuatan ulos. Sekitar 80% kaum wanita Desa Meat menekuni martonun Ulos. Di sini juga terdapat rumah adat dengan usia sekitar 126 tahun. Wilayah ini memiliki areal persawahan yang menghijau luas yang semakin menegaskan nuansa tradisional Meat.

"Budaya di Desa Meat sangat beragam. Salah satu produk terbaiknya adalah Ulos. Lebih lanjut, desa ini juga memiliki sawah yang indah. Desa Meat juga terkenal dengan kulinernya yang sangat nikmat. Di sini juga disediakan banyak homestay dengan arsitektur tradisional Batak," jelas Krisanti.

Membentuk rantai jalur wisata terbaik, wisatawan bisa mengeksplorasi sisi lain Danau Toba. Mereka ini bisa datang ke Batu Tuk Tuk Simundi atau sisi Danau Toba di kawasan Pantai Simanjuntak atau, pergi ke Pantai Pakodian.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda menerangkan, Desa Meat menjadi poros terbaik saat berkunjung ke Danau Toba di sisi Tobasa. "Desa Meat sangat indah. Nuansa tradisionalnya sangat kuat. Dari desa ini, wisatawan juga bisa pergi ke destinasi lainnya. Posisinya memang sangat strategis. Yang jelas, Kawasan Danau Toba ini menjadi paket wisata yang lengkap," terang Lokot.

Mengekplorasi lebih dalam, Della Amirra dan kawan-kawan terpesona dengan keindahan Desa Lintong Nihuta. Desa ini adalah lokasi shooting Film Toba Dream tahun 2015. Experience makin lengkap kala mampir ke Museum Batak & TB Silalahi di Balige yang lokasinya dekat dari Meat.

BERITA TERKAIT

Gelar Festival Permainan Games - Telkom Ajak Milenial Bangun Industri Games

NERACA Jakarta - Kementerian BUMN RI bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar event Spirit of Millennials Games Day 2018 di…

Bidik Generasi Milenial - Chubb Life Luncurkan Platform Digital

NERACA Jakarta – Penetrasi pasar asuransi di Indonesia, PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life) meluncurkan platform online bernama Chubb…

Hut KPR Ke-42 - BTN Ajak Milenial Mengambil Peran

NERACA Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  merayakan hari ulang tahun (HUT) KPR ke 42 yang jatuh pada…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

MarkPlus Dukung Pariwisata Sulawesi Utara

Kekayaan alam dan budaya membuat Manado menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara. Hal ini diungkap Founder dan Chairman MarkPlus,…

Bali Masuk dalam Daftar 10 Water Park Terpopuler Dunia

Taman bermain air atau water park, kerap menjadi pilihan masyarakat saat berwisata. Selain faktor keamanan yang terjamin, water park bisa…

Batam Culture Carnival, Gerbang Lebar untuk Wisman Singapura

Batam International Culture Carnival (BICC) 2018 diharapkan menjadi atraksi unggulan bagi pintu masuk wisatawan di Batam, Kepulauan Riau. Acara BICC…