Cara Tepat Obati Asam Urat

Selain kolesterol, asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal sebenarnya, kolesterol tinggi dan asam urat bisa mengancam siapa saja, dari yang muda sampai tua. Salah satu gejala asam urat yang mudah terasa adalah nyeri sendi mendadak dalam waktu singkat. Gejala ini akan terasa parah di dua hari pertama. Nyeri akan terasa makin hebat saat malam hari. Beberapa penderita asam urat akut juga kerap mengalami demam.

Asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Saat purin dicerna, tubuh akan menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Lalu bagaimana cara untuk mengobati dan mencegah asam urat kambuh kembali? Dikutip dari CNN Indonesia.com.

1. Olahraga teratur

Berolahraga dengan teratur akan membantu untuk mencegah sekaligus mengobati asam urat. Olahraga setidaknya 30 menit akan membantu melemaskan sendi dan otot tubuh yang kerap terjadi saat asam urat menyerang.

2. Pilih makanan yang tepat

Bagi penderita asam urat ada baiknya untuk mengendalikan nafsu makan Anda. Hindarilah makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Purin sendiri ditemukan dalam sejumlah makanan, seperti jenis daging tertentu, ikan sarden, bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak.

3. Minum air putih

Jangan pernah bosan minum air putih. Minum air putih minimal delapan gelas per hari akan membantu membuang zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh.

4. Kurangi atau hentikan kebiasaan minum alkohol

Minum minuman beralkohol tidak disarankan untuk mereka yang menderita asam urat. Pasalnya minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi. Kandungan purin tinggi akan membuat asam urat kambuh lagi.

5. Cuka apel

Cuka apel diklaim bisa membantu menurunkan asam urat yang tinggi. Cuka apel sendiri memang diketahui bisa mengurangi peradangan dan bisa mencegah penumpukan asam urat pada sendi.

6. Jahe

Konsumsi jahe juga diklaim bisa membantu menurunkan asam urat. Sama seperti cuka apel, jahe juga memiliki khasiat untuk zat antiperadangan yang mencegah pembentukan zat pencetus asam urat.

7. Lemon

Melansir Hello Sehat, minum lemon tak cuma bisa membantu menurunkan berat badan. Namun minum lemon juga akan membantu mengobati asam urat dengan kandungan vitamin C dan kaliumnya.

Di sisi lain, Rasa nyeri dan ngilu pada area persendian, seperti lutut, sering dialami oleh sebagian orang. Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Siloam Hospitals Balikpapan dr Hedy Wahyu Ramadhani SpOT mengungkapkan, biasanya nyeri lutut disebabkan trauma, cedera, terjadinya infeksi, dan penyakit peradangan. "Selain itu, kegemukan atau obesitas juga dapat memicu nyeri area lutut. Namun yang paling sering terjadi adalah karena adanya pengapuran sendi atau osteoatritis," katanya dalam keterangan rilis.

Osteoartritis merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Penyakit ini ditandai oleh rasa sakit dan kaku yang menyerang sendi-sendi, kemudian disusul dengan terjadi pembengkakan. Osteoartritis yang dikenal penyakit degeneratif kronis banyak ditemui pada pasien usia lanjut. Ini disebabkan rusaknya tulang pada persendian seiring bertambahnya usia.Dalam masa penuaan, seseorang akan mengalami pengapuran pada sendi yang merupakan proses alami pada tubuh. Namun kita harus tetep waspada, sebab pengapuran bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat. Biasanya, orang yang berusia di atas 45 tahun lebih berisiko terkena penyakit ini.

Jangan pernah menyepelekan rasa nyeri pada lutut karena akibatnya sangat berbahaya. Apalagi lutut berfungsi sebagai penyangga dan penahan bobot tubuh. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, pengobatan atau penatalaksanaan gangguan menjadi lebih sulit bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

BERITA TERKAIT

Disperindag Lebak Imbau Pangkalan Salurkan Gas Bersubsidi Tepat Sasaran

Disperindag Lebak Imbau Pangkalan Salurkan Gas Bersubsidi Tepat Sasaran NERACA Lebak - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak mengimbau…

Wagub Sumsel: Pemanfaatan Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Wagub Sumsel: Pemanfaatan Dana Desa Harus Tepat Sasaran   NERACA Palembang - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya mengatakan,…

IAPI Menilai Tidak Tepat Audit Investigasi Tiga Pilar

NERACA Jakarta – Manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) dinilai berlebihan karena mengumumkan hasil audit investigasi laporan keuangan…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Pola Makan Harian Buruk Jadi 'Mesin' Pembunuh Perlahan

Pola makan harian yang buruk terus menjadi dilema. Studi teranyar menemukan, satu dari lima kematian secara global dikaitkan dengan pola…

Minum Alkohol Setiap Hari Tingkatkan Risiko Stroke

Konsumsi alkohol berhubungan dengan penyakit stroke. Penelitian anyar menunjukkan, meminum alkohol bahkan hanya segelas atau dua gelas setiap hari dapat…

Polusi Udara Pangkas Angka Harapan Hidup Anak

Polusi udara diprediksi dapat memangkas angka harapan hidup anak-anak sebanyak 20-30 bulan. Anak-anak di Asia Selatan menjadi korban terparah paparan…