Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif melakukan riset sendiri. Stakeholder seperti pemerintah, kementerian terkait dan lembaga non-struktural bisa, “ikut aktif memberikan literasi bagi masyarakat dengan membuka data dan informasi produk mana yang terafiliasi, serta menyebutkan sumber yang jelas, itu tidak masalah,” kata Wakil Sekretaris Jenderal MUI, KH Arif Fakhruddin dalam siaran persnya seperti dikutip Antara di Jakarta, kemarin.

Dikatakannya, MUI membolehkan lembaga atau masyarakat yang melakukan aksi boikot untuk melakukan riset dengan tujuan membuktikan suatu produk benar terafiliasi dengan Israel. Selain itu, lanjutnya, MUI juga mengimbau masyarakat agar menggunakan daftar produk terafiliasi Israel dari sumber yang jelas sebagai rujukan untuk menjalankan instruksi atau Irsyadat MUI untuk aksi boikot.

Sejalan dengan instruksi MUI, sebelumnya Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) telah membuat daftar 10 perusahaan multinasional yang direkomendasikan untuk diboikot, termasuk Starbucks, Danone, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, McDonald’s, Mondelez, Burger King, dan produk kurma dari Israel.“Salah satu yang menjadi acuan adalah data dari situs Boycott.Thewitness dan Bdnaash,” kata Direktur Eksekutif YKMI, Ahmad Himawan.

Selain situs Boycott.Thewitness dan Bdnaash yang paling popular di Indonesia, situs gerakan Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) sejak lama juga aktif membagikan link yang mendorong ajakan boikot terhadap produk-produk terafiliasi Israel. BDS melalui situs bdsmovement.net ikut mendorong kampanye boikot yang dicetuskan Asosiasi Konsumen Turki dengan menyebarkan link untuk memboikot produk-produk terafiliasi Israel, termasuk  Danone, Coca Cola, Starbucks, dan McDonald's.

Disampaikannya, pengecekan produk-produk terafiliasi Israel saat ini sebetulnya sangat mudah.  Sebagai contoh, konsumen pengguna telepon selular bisa mengecek keterkaitan perusahan global seperti Coca Cola, MacDonald’s dan Danone dengan Israel, via Aplikasi “No Thanks”. Konsumen cukup mengetikkan nama merek produk di kotak Search. Maka, kalau menurut data produk tersebut terafiliasi dengan Israel, maka tulisan yang keluar adalah: “Produk ini ada di daftar boikot!”

Belum lama ini, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Prof Sudarnoto menyampaikan alasan pentingnya gerakan boikot produk-produk terafiliasi Israel. Disampaikannya, MUI menyerukan aksi boikot untuk memperlemah ekonomi Israel agar tidak melakukan penyerangan lagi terhadap Palestina. "Mengapa boikot? Karena hasil penjualan, pasti diberikan manfaatnya bagi Israel. Karena ini dengan boikot, maka kita bisa memperlemah ekonomi Israel agar tidak menyerang-nyerang lagi," kata Sudarnoto.

 

BERITA TERKAIT

Reboisasi 33.800 Bibit Pohon - Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektar Lahan Kritis

Berdasarkan data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan…

Dukung Ekonomi Berkelanjutan - Maximus Insurance dan AAJI Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dan kepedulian pada lingkungan, PT Asuransi Maximus Graha Persada…

Tutup Rangkaian Kampanye Better life for all, LG Distribusikan 3.000 Paket Makanan

  Tutup Rangkaian Kampanye “Better life for all”, LG Distribusikan 3.000 Paket Makanan NERACA Bekasi — LG Electronics Indonesia (LG)…

BERITA LAINNYA DI CSR

Reboisasi 33.800 Bibit Pohon - Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektar Lahan Kritis

Berdasarkan data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan…

Dukung Ekonomi Berkelanjutan - Maximus Insurance dan AAJI Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dan kepedulian pada lingkungan, PT Asuransi Maximus Graha Persada…

Tutup Rangkaian Kampanye Better life for all, LG Distribusikan 3.000 Paket Makanan

  Tutup Rangkaian Kampanye “Better life for all”, LG Distribusikan 3.000 Paket Makanan NERACA Bekasi — LG Electronics Indonesia (LG)…